Semakin Tua Kamu, Semakin Terasa 8 Efek Ini Dirasakan Tubuh

Tanggal: 9 Feb 2018 14:50 wib.
Tampang.com - Seiring bertambah tuanya usia kita, tentunya pasti ada perubahan yang dirasakan oleh kamu. Salah satu perubahan yang jelas terlihat adalah berubahnya warna rambut dan kulit yang mulai keriput.

Selain hal tersebut, ternyata ada 8 efek penuaan yang tak dapat kamu hindari. Efek-efek berikut ini pasti kamu rasakan di kemudian hari.

Otak

Otak adalah bagian terpenting tubuh. Otak juga bekerja sepanjang waktu. Otak yang terdiri atas jutaan neuron ini akan mengalami penurunan jumlah neuron seiring berjalannya waktu. Akibatnya, akan terjadi penurunan fungsi kognitif seperti kehilangan memori dan munculnya Alzheimer.

Sistem saraf

Selain otak, bagian penting lainnya adalah sistem saraf di tulang belakang. Saraf tulang belakang tersusun atas lempengan di antara tulang yang bisa jadi keras dan mudah mengalami pengapuran karena usia. Kondisi ini akan menyebabkan penurunan kapasitas bantalan dan memberikan tekanan lebih di tulang belakang. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit dan penurunan refleks serta keseimbangan.

Tulang

Tulang dikenal sebagai bagian tubuh yang kuat dan keras karena terdiri atas banyak kalsium. Namun, tulang juga bisa memiliki masa kedaluwarsa yang terjadi karena usia yang makin bertambah. Beberapa dampak buruknya adalah arthritis dan osteoporosis.

Panca indera

Panca indera seperti mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit juga bisa mengalami penuaan seiring berjalannya waktu. Contohnya, penglihatan yang menurun, kulit yang tidak elastis lagi, dan menurunnya indera penciuman.

Sistem pernapasan

Paru-paru merupakan bagian utama dari sistem pernapasan. Karena paru-paru kebanyakan tersusun dari otot, paru-paru juga bisa mengalami degenerasi. Sehingga kapasitas menahan udara di paru-paru menurun dan membuat napas jadi pendek dan sesak.

Sistem pencernaan

Perut selalu berupaya untuk mencerna segala sesuatu yang kamu makan. Namun seiring bertambahnya usia, cairan dan kerja pencernaan akan berkurang. Hal inilah yang membuat orang tua sering mengalami gangguan pencernaan seperti kembung, gas, dan konstipasi.

Organ reproduksi

Penuaan juga bisa memberikan efek pada organ reproduksi, baik pria dan wanita. Jika wanita mengalami menopause, pria bisa mengalami penurunan dorongan seksual karena tingkat testosteron yang menurun dalam tubuh.

Ginjal

Ginjal memiliki fungsi penting untuk menyaring limbah dan menciptakan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Karena gaya hidup, pola makan yang salah, dan penuaan, ginjal bisa mengalami penurunan fungsi dan bisa mengakibatkan terjadinya gagal ginjal.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved