Sebanyak 244 Personel Gabungan Berhasil Evakuasi 1.091 Pendaki yang Terjebak di Gunung Rinjani

Tanggal: 31 Jul 2018 18:50 wib.
Seperti diketahui sebelumnya akibat gempa yang terjadi di Lombok selain mengakibatkan ribuan rumah warga rusak, luka-luka, hingga korban meninggal dunia, juga menyebabkan ribuan pendaki Gunung Rinjani terjebak.

Karena itu petugas gabung dan relawan bekerjasama untuk melakukan evakuasi terhadap pendaki yang terjebak itu. Dikabarkan petugas gabungan dan relawan berhasil mengevakuasi pendaki yang terjebak di atas Gunung Rinjani, Lombok NTB.

Tercatat sebanyak 1.091 pendaki yang telah berhasil dievakuasi oleh tim akibat gempa dahsyat berkekuatan 6.4 SR yang mengguncang Lombok pada Minggu pagi (29/07/2018).

"Sejak 29 hingga 31 (Juli) pagi, total yang berhasil dievakuasi 1.091 jiwa. Sebanyak 1.090 jiwa selamat dan satu meninggal dunia," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di kantor BNPB di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Dari sekian jumlah pendaki tersebut kata Supoto sebanyak 723 pendaki merupakan Warga Negara Asing (WNA) dan 368 lainnya merupakan WNI.

Sutopo mengungkap proses evakuasi itu dilakukan oleh sebanyak 244 personel gabungan TNI, Polri, relawan, Dalmas, Mapala, Basarnas, dan SAR yang sudah langsung bergerak sejak terjadinya gempa.

"Hari ini memang ada enam pendaki WNI yang masih ada di Danau Segara Anak (Gunung Rinjani), tim evakuasi gabungan bergerak sejak tadi malam dan sudah menemukan enam pendaki," tuturnya.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved