Scan Code QR jadi Sistem Mengemis Modern di Tiongkok

Tanggal: 18 Des 2017 12:51 wib.
Teknologi yang semakin berkembang pesat bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa bisa ikut merasakan perkembangan zaman yang semakin canggih. Dan bukan hanya orang mampu yang bisa merasakan ataupun mengerti akan teknologi, ternyata para pengemis di Tiongkok pun ikut merasakan imbas dari perkembangan teknologi saat ini.

Melakukan transaksi apapun jadi lebih mudah dengan adanya ponsel dan aplikasi canggih yang tersedia. Tanpa harus repot membawa uang tunai, semua orang bisa melakukan transaksi hanya dengan melalui smartphone dan melakukan pindai kode QR.



Di Tiongkok, salah satu yang paling membuat heran negara lainnya yaitu para pengemis di sana juga ikut memanfaatkan scan kode QR sebagai alat transaksi jika tidak membawa uang receh ataupun uang tunai. Tinggal scan kode QR yang dicetak maka transfer sejumlah uang pada para pengemis pun menjadi mudah.

Bukan hal yang aneh lagi jika ditemukan banyak pengemis yang memiliki ponsel di kota besar seperti Jinan dan Beijing. Biasanya para pengemis akan berkumpul di suatu area yang populer dengan kehadiran para turis baik turis lokal maupun turis mancanegara. Para pengemis disana biasanya meminta-minta sambil memegang cetakan kode QR yang mereka punya.

Orang-orang yang ingin memberi donasi sejumlah uang bisa menggunakan aplikasi Wechat Wallet, Alipay dan pembayaran via ponsel dengan men-scan kode QR. Scan kode QR ini juga sangat menguntungkan para pengemis karena bukan hanya sejumlah uang yang ditransfer langsung yang mereka dapatkan tetapi mereka juga akan dibayar dari setiap kode QR yang dipindai oleh orang-orang yang memberi donasi kepada mereka.

Para pengusaha lokal akan mengguanakan hasil pemindaian untuk mengumpulkan data dan profil orang dan kemudian dapat memeberikan banyak iklan kepada akun pengguna yang bersangkutan. Oleh karena itu, para pengemis di Tiongkok sangat gencar membuat orang-orang melakukan pindai terhadap kode mereka.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved