Sumber foto: google

Ratusan Ribuan Orang Memadati Kota Mashad untuk Mengantar Presiden Iran Ebrahim Raisi Dimakamkan di Makam Imam Reza

Tanggal: 25 Mei 2024 14:09 wib.
Ratusan ribu orang memadati kota Mashhad, timur Iran dalam prosesi pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi pada Kamis (23/5/2024). Ebrahim Raisi akan dikebumikan di Makam Imam Reza, salah satu tempat suci Islam Syiah.

Penghormatan terakhir ini mencerminkan rasa duka yang mendalam dari rakyat Iran akan kepergian seorang pemimpin terkemuka. Setelah prosesi pemakaman yang telah berlangsung sepanjang pekan, upacara pemakaman di Mashhad menandai penghujung dari serangkaian prosesi pemakaman. Sebelumnya, prosesi pemakaman diadakan di ibu kota Teheran dengan salat jenazah yang dipimpin langsung oleh Pemimpin Tertinggi Ali Kahmenei. Keikutsertaan rakyat Iran dalam prosesi pemakaman ini mengisyaratkan betapa besar pengaruh dan kehadiran Ebrahim Raisi dalam kehidupan politik dan sosial Iran.

Dalam prosesi pemakaman di Mashhad, pelayat terlihat mengenakan pakaian serba hitam, sebuah simbol tradisional kesedihan dalam kebudayaan Syiah. Mereka juga melakukan tanda-tanda kesedihan lainnya, seperti memukul-mukul dada dan kepala. Sikap ini menunjukkan betapa besar rasa cinta dan penghormatan mereka terhadap mendiang Presiden.

Pemakaman Raisi di Makam Imam Reza merupakan penghormatan besar bagi seorang pemimpin negara. Makam ini dianggap suci oleh Iran dan merupakan tempat dikuburkannya Imam Reza, salah satu sosok penting dalam kepercayaan Islam Syiah. Keputusan untuk mengkebumikan Presiden di makam ini menunjukkan penghormatan yang mendalam dari pemerintah dan rakyat Iran.

Ebrahim Raisi merupakan politikus terkemuka yang akan menjadi politikus pertama Iran yang dimakamkan di Makam Imam Reza. Semasa hidupnya, Raisi telah mendapat proyeksi untuk menggantikan Ali Khamenei di posisi Pemimpin Tertinggi Iran. Kepergiannya telah meninggalkan kekosongan yang dirasakan oleh banyak orang di Iran.

Kecelakaan helikopter yang menewaskan Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, anggota delegasi Raisi, dan ketiga awak helikopter telah menjadi pukulan besar bagi negara Iran. Kehilangan tokoh-tokoh penting ini memberikan sorotan tersendiri atas masa depan politik Iran yang akan menentukan arah kebijakan dan kepemimpinan negara ke depan.

Di sisi lain, pemerintah Iran sudah menunjuk Wakil Presiden Mohammad Mokhber sebagai Penjabat Presiden. Langkah ini diambil untuk menjaga stabilitas pemerintahan sebelum pemilihan presiden yang dijadwalkan pada 28 Juni mendatang untuk mencari pengganti Raisi.

Pemakaman Presiden Ebrahim Raisi di Makam Imam Reza bukan hanya suatu prosesi formalitas, tetapi juga melambangkan kehormatan dan penghormatan yang mendalam dari rakyat Iran. Kehadiran ratusan ribu orang dalam prosesi pemakaman ini adalah bukti cinta dan penghargaan yang besar terhadap seorang pemimpin yang telah mengabdikan dirinya untuk negara dan rakyatnya. Semoga kepergian Ebrahim Raisi menjadi momentum untuk menyatukan dan memperkuat persatuan rakyat Iran dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan ini.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved