Pilih Bisnis Online atau Offline Ya?

Tanggal: 22 Mar 2018 21:33 wib.
Bisnis online shop! Profesi yang semakin banyak dilirik orang-orang sekarang ini. Kalau kita perhatikan, prosfesi ini mungkin belum banyak muncul di awal tahun 2000an, namun kini? Menjamur! Benar seperti kata bijak, “ Siapkanlah anak Anda untuk hidup di zamannya nanti!” Terbayang, kita saja dulu tak terpikir apa itu online dan kini bisnis online-lah yang bisa membuat seorang pebisnisnya untung bahkan bisa hingga puluhan juta setiap bulannya. Yuk, kita lihat apa sih yang membedakan bisnis online dan bisnis offline!

 

Modal

Bisnis online, bisa lho dimulai tanpa modal (baca: selain modal niat ya). Kini banyak penjual online yang merupakan reseller. Mereka hanya melakukan dropship, mirip-mirip sama perantara lah. Sedangkan jika kita membuka bisnis offline, kita harus memiliki modal yang cukup besar. Modal untuk menyewa atau membeli toko, tentunya membeli barang dagangan, bahkan hingga menyewa karyawan.

 

Jangkauan pembeli

Dengan online, jangkauan pembeli kita bisa sangat luas, bahkan jika ‘dagangan’ kita sudah terkenal, bisa hingga ke luar negeri lho jangkauan pembeli kita. Toko online tidak berbatas area. Terasakah ketika kita mencari suatu benda, kita tidak segan-segan memesannya dari laur kota. Itulah era globalisasi, ketika daerah tidak membatasi lagi. Sedangkan toko offline, jangkauan pembelinya lebih terbatas. Namun belakangan ini, tak sedikit juga toko-toko offline yang membuka toko online untuk menjawab kebutuhan pembeli dari luar daerah toko tersebut.

 

Pemeliharaan toko

Nah, toko online ini tampaknya tak butuh budget khusus untuk pemeliharaan toko.  Cukup dengan memperbaharui tampilan fitur-fitur di toko online-nya, toko ini tetap bisa berjalan. Kalau untuk toko offline, tentunya perlu biaya khusus untuk pemeliharaan gedung, biaya kebersihan, dll.

 

Risiko

Bisnis online, sebagian besar pembelinya juga melakukan transaksi lewat online. Dengan selalu cermat dan berhati-hati, rasanya tak perlu ada kerugian yang terjadi. Namun, salah satu dampak globalisasi ini, ketika orang-orang tertentu mungkin menhalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, di sini lah terkadang ada penipuan yang terjadi, ketika barang tak dikirim-kirim padahal sudah dilakukan transfer sejumlah dana. Sedangkan untuk risiko, di toko offline bisa lebih terhindar dari penipuan, karena prinsip toko offline, ada barang ada uang!

 

Tertarik berbisnis? Silahkan pilih, bisnis online atau offline kah!

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved