Pesawat Pengebom AS Dekati Wilayah Korut

Tanggal: 25 Sep 2017 22:46 wib.
Angkatan Udara Amerika Serikat menerbangkan pesawat-pesawat pengebom B-1B Lancer hingga mendekati wilayah pesisir timur Korea Utara pada Minggu (24/9/2017). Menurut Departemen Pertahanan AS, misi tersebut merupakan unjuk kekuatan atas tekad AS.

"Misi ini merupakan demonstrasi tekad AS dan pesan jelas bahwa presiden memiliki banyak opsi militer untuk mengalahkan setiap ancaman," kata juru bicara Pentagon Dana White seperti dilansir Reuters, Minggu (24/9/2017).

"Kami siap menggunakan seluruh kemampuan militer untuk membela tanah air AS dan sekutu-sekutu kami," imbuhnya.

Pihaknya mengatakan bahwa penerbangan tersebut mencapai jarak terjauh dari Zona Demiliterisasi (DMZ) antara dua negara Korea yang pernah ditempuh oleh pesawat tempur ataupun pesawat pengebom AS pada abad 21.

Berdasarkan laporan Pentagon, pesawat-pesawat pengebom AS tersebut bertolak dari Guam, wilayah AS di Pasifik dan terbang di atas perairan sebelah timur Semenanjung Korea. Saat penerbangan tersebut, pesawat-pesawat pengebom AS itu dikawal oleh jet-jet tempur F-15C Eagle yang bertolak dari Okinawa, Jepang.

Penerbangan itu dilakukan di tengah memanasnya retorika antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-Un yang saling mengejek dan mengancam.

Dalam sidang Majelis Umum PBB, Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho pun turut menyebut Trump sebagai 'presiden jahat' dan tengah melakukan misi bunuh diri. Komentar tersebut adalah balasan Menlu Korut setelah Trump mengejek Kim Jong-Un sebagai "pria roket yang sedang dalam misi bunuh diri".

Ri menegaskan ejekan Trump itu merupakan kesalahan yang tak bisa diperbaiki sehingga tak dapat dielakkan roket-roket Korut akan menjangkau daratan AS.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved