Sumber foto: Canva

Perang Gaza Memicu Ketakutan Terhadap Yerusalem Menjelang Dimulainya Ramadhan

Tanggal: 10 Mar 2024 21:09 wib.
Ada kekhawatiran baru akan meluasnya kekerasan, khususnya di Yerusalem, selama bulan suci Ramadhan, karena gencatan senjata masih sulit dicapai. Hamas telah mengulangi seruan kepada warga Palestina untuk meningkatkan kunjungan ke Masjid al-Aqsa.

Israel menuduh Hamas "berusaha untuk mengobarkan konflik di wilayah tersebut selama Ramadhan", yang akan dimulai dalam beberapa hari mendatang.

Tempat suci ketiga dalam Islam ini merupakan tempat ibadah umat Islam setempat. Namun situs tersebut – yang juga merupakan tempat paling suci dalam Yudaisme, yang dikenal sebagai Temple Mount – sering menjadi titik nyala ketika konflik Israel-Palestina bergejolak. Ramadhan akan dimulai pada 10 atau 11 Maret tergantung pada penampakan bulan baru.

Minggu ini, halaman Al-Aqsa tampak tenang saat saya berkunjung, namun pikiran jamaah Palestina tertuju pada perang.

“Orang-orang tidak ingin merayakan dan menikmati tradisi Ramadhan yang biasa,” kata seorang wanita, Ayat, dengan sedih. “Tahun ini, mereka tidak akan melanjutkannya karena apa yang terjadi di Gaza.”

Harapan bahwa gencatan senjata selama 40 hari dapat berlaku pada awal Ramadhan telah memudar meskipun sumber-sumber Mesir mengatakan para mediator akan kembali bertemu dengan delegasi Hamas pada hari Minggu untuk mencoba mencapai kesepakatan dengan Israel.

Israel mengatakan pada hari Sabtu bahwa kepala mata-matanya telah bertemu dengan timpalannya dari AS ketika pihaknya melanjutkan upaya untuk mencoba membebaskan puluhan sandera.

Setelah itu, kantor perdana menteri Israel mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Hamas "bertahan pada pendiriannya", seolah-olah mereka "tidak tertarik pada suatu kesepakatan."

Kerangka kerja rencana yang sedang dibahas adalah pembebasan beberapa sandera Israel yang diculik oleh Hamas dalam serangan mematikan tanggal 7 Oktober sebagai ganti tahanan Palestina dan peningkatan bantuan, di tengah peringatan PBB akan kelaparan.

“Ramadhan ini akan sulit. Bagaimana kita bisa berbuka puasa dan makan setiap hari ketika kita memikirkan rekan-rekan kita di Gaza,” komentar Abu Nader, yang mengikuti berita tersebut, saat ia melintasi Al-Aqsa dengan skuter mobilitasnya.

“Kami berdoa kepada Tuhan untuk waktu yang lebih baik.”

olisi Israel selalu terlihat tersebar di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa yang luas dan menempatkan petugas di setiap gerbang untuk mengontrol akses.

Sejak Israel merebut Yerusalem Timur, termasuk bagian Kota Tua ini, dari Yordania dalam Perang Timur Tengah tahun 1967 dan menduduki serta mencaploknya, situs tersebut telah menjadi simbol utama perjuangan Palestina secara lebih luas.

Pada tahun 2000, kunjungan pemimpin oposisi Israel saat itu, Ariel Sharon ke puncak bukit suci tersebut dipandang sebagai pemicu utama Pemberontakan Palestina Kedua, yang oleh orang Palestina disebut sebagai "Intifada al-Aqsa".

Sering terjadi bentrokan antara pasukan keamanan Israel dan jamaah Palestina, terutama selama bulan Ramadhan.

Ketegangan juga meningkat setiap kali ada pawai nasionalis Israel di Kota Tua, dan sebagai tanggapan terhadap seruan dari kelompok sayap kanan Israel untuk mengubah aturan status quo agama yang sangat sensitif dan telah lama ada di situs tersebut, yang mengizinkan pengunjung Yahudi tetapi tidak mengizinkan orang Yahudi untuk berdoa. .

Pada Mei 2021, ketegangan yang meningkat di Yerusalem meletus dan kekerasan di al-Aqsa. Hamas kemudian menembakkan roket ke Yerusalem, yang menyebabkan perang singkat di Gaza dan kerusuhan yang meluas antara warga Yahudi dan Arab Israel.

Tahun lalu, ketika Ramadhan bertepatan dengan hari raya Paskah Yahudi, beredar laporan bahwa ekstremis Yahudi berencana melakukan ritual pengorbanan seekor kambing di Temple Mount.

Karena tidak mempercayai polisi Israel untuk mencegah hal tersebut, ratusan Muslim membarikade diri mereka di al-Aqsa dan granat kejut digunakan untuk melawan mereka.

Tahun ini, Ramadhan tidak bertepatan dengan hari raya besar Yahudi mana pun.

Bagaimana pelaksanaan Ramadhan kali ini sangat bergantung pada kejadian di Gaza serta pembatasan yang diberlakukan oleh Israel.

Menteri Keamanan Nasional Israel yang berhaluan sayap kanan, Itamar Ben-Gvir, menyerukan pembatasan ketat terhadap akses warga Muslim Israel ke al-Aqsa, dengan mengatakan hal ini untuk menghentikan Hamas "merayakan kemenangan" sementara sandera Israel tetap disandera di Gaza.

Namun, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu kini menolak rencana tersebut. Dia mengatakan bahwa jamaah akan diizinkan memasuki masjid selama minggu pertama Ramadhan, seperti yang terjadi di masa lalu, dengan situasi keamanan dievaluasi ulang setiap minggunya.

Belum jelas berapa jumlah yang diperbolehkan mencapai lokasi tersebut.

Selama perang Gaza, Israel sebagian besar memblokir warga Palestina dari Tepi Barat untuk memasuki Yerusalem. Biasanya, puluhan ribu orang akan melewati pos pemeriksaan militer Israel untuk menghadiri salat Jumat di bulan suci ini.

Mengapa Israel dan Hamas berperang di Gaza?

Juru bicara pemerintah Israel, Eylon Levy, menegaskan bahwa keputusan yang tepat akan diambil untuk menjaga kebebasan beribadah.

"Ramadhan sering kali menjadi momen ketika unsur-unsur ekstremis mencoba mengobarkan dan mengobarkan kekerasan. Kami berupaya mencegah hal itu," katanya kepada BBC.

“Kami akan terus memfasilitasi akses ke Temple Mount untuk beribadah seperti tahun-tahun sebelumnya, memperjelas bahwa ini adalah kebijakan kami dan tentu saja akan menentang siapa pun yang bertekad mengganggu perdamaian.”

Di sebelah Dome of the Rock yang berlapis emas, saya bertemu dengan Dr Imam Mustafa Abu Sway, seorang anggota dewan Wakaf Islam, yang mengelola Masjid al-Aqsa atau Haram al-Sharif, yang juga dikenal sebagai kompleks tersebut.

“Beberapa tahun yang lalu, Israel mengizinkan hampir semua orang yang ingin datang dari Tepi Barat dan tidak ada satu insiden pun,” kata pakar tersebut.

"Orang-orang memang datang untuk beribadah. Mereka tidak datang untuk mengganggu perdamaian. Jika polisi dan pasukan keamanan Israel membiarkan mereka, semoga semuanya akan baik-baik saja."

Tahun ini, lebih dari biasanya, dunia akan mengamati apa yang terjadi di Yerusalem, untuk melihat apakah hal tersebut benar adanya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved