Sumber foto: google

Penasihat Presiden AS: "Pemerintah akan Memastikan Harga Gas Tetap Terjangkau"

Tanggal: 25 Apr 2024 10:43 wib.
Penasihat ekonomi teratas Presiden Joe Biden mengatakan Kamis bahwa Gedung Putih akan "memastikan harga gas tetap terjangkau" ketika ditanya apakah administrasi akan mempertimbangkan untuk menggunakan Cadangan Petroleum Strategis.

"Lelangkah yang telah dilakukan di masa lalu dan kami akan terus memantau dengan sangat cermat, memastikan bahwa harga gas tetap terjangkau bagi begitu banyak keluarga Amerika menjelang musim liburan musim panas," kata Penasihat Ekonomi Nasional Lael Brainard di Semafor's World Economy Summit.

Futures bensin telah naik hampir 29% tahun ini dengan harga di pompa saat ini rata-rata $3,67 per galon, menurut asosiasi pengendara mobil AAA. Minyak mentah AS telah mengalami kenaikan 15% sepanjang tahun ini akibat permintaan yang lebih kuat, pasokan yang lebih ketat akibat pemotongan produksi OPEC+ dan risiko geopolitik yang meningkat di Timur Tengah dan Eropa Timur.

"Kami sangat memperhatikan pasar minyak internasional dan harga gas domestik. Kami akan terus memantau dengan cermat dan ingin memastikan bahwa harga gas tetap berada dalam kisaran saat ini," ujar Brainard.

Penasihat Biden menekankan kesadaran akan harga gas yang terus naik telah membuat pemerintah AS bergerak cepat untuk memastikan kelangsungan ekonomi masyarakat. Dalam mengembangkan strategi untuk menjaga agar harga gas tetap terjangkau, pemerintah akan terus memantau seluruh aspek dari industri minyak dan gas, baik dari sisi domestik maupun internasional.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan langkah-langkah strategis, termasuk pertimbangan untuk menggunakan Cadangan Petroleum Strategis jika diperlukan. Cadangan tersebut memiliki peran penting dalam menjaga stok energi nasional, terutama dalam mengatasi ketidakstabilan pasokan minyak.

Melalui penekanan pada kestabilan harga gas dan upaya-upaya untuk memantau pasar gas dan minyak, pemerintah AS berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah proaktif demi kepentingan rakyatnya.

Dalam konteks ini, pemerintah juga akan berkolaborasi dengan negara-negara produsen minyak besar seperti OPEC+ untuk memastikan keberlangsungan pasokan dan menjaga harga gas tetap dalam kisaran yang terjangkau. Selain itu, kerja sama dengan negara-negara konsumen minyak juga akan diperkuat, sehingga kesepakatan harga yang menguntungkan bagi konsumen dapat terus dipertahankan.

Selain itu, langkah-langkah inovatif dalam mengembangkan energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan lainnya juga akan ditekankan dalam upaya menjaga harga gas tetap terjangkau. Dengan begitu, pemerintah berharap dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan minyak dari luar negeri dan mengurangi dampak fluktuasi harga minyak di pasar global terhadap ekonomi domestik.

Upaya untuk memastikan harga gas yang tetap terjangkau sejalan dengan agenda pemerintahan Biden untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Semakin meningkatnya harga bahan bakar dapat memberikan beban tambahan pada masyarakat, terutama bagi keluarga dengan rata-rata pendapatan.

Karenanya, pemerintah berkomitmen untuk terus bekerja keras dalam menjaga harga gas tetap terjangkau, baik melalui langkah-langkah regulasi maupun kerjasama dengan sektor industri minyak dan gas. Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat merasakan dampak positif dari langkah-langkah pemerintah dalam menjaga stabilitas harga gas, sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kondisi ekonomi domestik secara keseluruhan.

Dalam konteks ini, peningkatan penggunaan energi terbarukan juga akan menjadi fokus utama bagi pemerintah sebagai upaya untuk menekan harga gas dan merangsang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan pemanfaatan energi terbarukan yang semakin luas, diharapkan dapat mengurangi tekanan terhadap konsumsi bahan bakar fosil yang dapat menyebabkan fluktuasi harga gas yang tidak stabil.

Untuk itu, pemerintah akan terus mengembangkan kebijakan energi yang mendukung penggunaan energi terbarukan, baik dari sisi regulasi maupun insentif bagi industri energi terbarukan. Melalui langkah-langkah ini, diharapkan dapat mendorong transisi yang lebih cepat menuju sistem energi yang lebih berkelanjutan, sehingga harga gas tetap terjangkau dalam jangka panjang.

Kebijakan pemerintah di bidang energi dan harga gas tidak hanya akan memberikan stabilitas harga yang terjangkau bagi masyarakat, tetapi juga akan menciptakan peluang-peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Melalui upaya-upaya ini, pemerintah membuktikan komitmennya untuk menghadirkan dampak positif bagi masyarakat dan ekonomi melalui kebijakan yang progresif dan berkelanjutan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved