Pemukiman Kampung Melayu kembali Terendam Banjir, Warga Siaga

Tanggal: 5 Feb 2018 12:52 wib.
Tampang.com - Musim penghujan baru saja dimulai, banyak beberapa daerah belum siap menerima hujan karena masih banyak limbah-limbah yang dibuang sembarang tempat terutama kali dan sungai. Fenomena ini memang bukan hal baru di Indonesia terutama di Ibu kota Jakarta, banjir sudah menjadi langganan tiap musim penghujan.

Kali ini banjir merendam pemukiman kampung melayu akibat luapan sungai ciliwung setinggi 60-100 centimeter.

Menurut laporan di lokasi, sekitar pukul 08.30 WIB banjir merendam pemukiman warga di RT 13, RW 04 Kampung Melayu, Jakarta Timur, senin dibuaat warga di tiang listrik, ketinggian air kurang lebih 65 cm. Sementara, di tiang listrik yang lain ketinggian air mencapai 100cm.

Salah satu warga, Unus Buhari mengatakan, air mulai masuk ke permukiman warga sekitar pukul 01.00 WIB (05/02). Dia menambahkan semakin lama permukaan air semakin tinggi.


“pukul 01.00 WIB naik, kondisi hujan. Abis subuh naik sekitar 1 meteran di pinggiran bantaran,” kata dia di kediamannya.


“memang sering banjir. Banjir kiriman dari Depok, Citayam Bogor kiriman kemarin. Ini jalur sungai Ciliwung,” jelas Unus.

Meskipun hadir banjir, dia mengatakan tak ada warga yang mengungsi. Aktivitas warga pun masih berjalan normal, anak-anak juga tetap bersekolah.


“Orang-orang tidak ngungsi pada punya lantai 2. Anak-anak juga pada sekolah,” sebut dia


Senada dengan Unus, warga bernama Nunung menyebut banjir yang merendam rumahnya setinggi 100 cm. Warga pun berharap pemerintah membangun tanggul seperti di Kampung Pulo, Jakarta Timur.


“Itu ada di tiang itu berapa? 100cm. Warga engga ada yang mengungsi, warga sini pada ke lantai atas. Yang harapannya kaya di kampung Pulo itu tanggul biar enggak banjir tinggi kaya gini,” Ungkap Nunung di lokasi banjir.


Mulai dari sekarang kita harus lebih mencintai lingkungan kita sebab tidak akan ada banjir jika kita tidak membuang sembarang sampang. Banjir yang terjadi akibat kita sendiri. mari kita lebih menjaga lingkunan kita demi anak cucu kita.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved