Oase Bulan Sabit di Dunhuang, Gansu, China

Tanggal: 31 Mei 2018 00:08 wib.
Jika Anda berkunjung ke Kota Dunhuang di Provinsi Gansu, China, sempatkanlah diri Anda untuk berwisata ke Gunung Mingsha, lengkap dengan mata air berbentuk bulan sabit (crescent spring).

Gunung Mingsha dan Oase Bulan Sabit telah didaftarkan sebagai Taman Nasional sejak 1994 oleh Dewan Negara China. 'Gunung' Mingsha sesungguhnya adalah sebuah padang gurun. Beragam fasilitas ditawarkan bagi wisatawan untuk menikmati Gunung Mingsha termasuk menyewa unta, mobil, kendaraan padang pasir atau pesawat terbang.

Gunung Mingsha ini terletak 5 km sebelah selatan Kota Dunhuang. Gunung ini membentang seluas 40 km dari timur ke barat dan lebar 20 km dari selatan ke utara. Puncak utama gunung ini berada pada ketinggian 1.714 meter di atas permukaan laut.

Di Gunung Mingsha, pasir yang sudah terinjak-injak akan kembali ke bentuk semula pada hari berikutnya. Dahulu kala, gunung ini memiliki nama populer Shen Sha atau bukit pasir magis.

Oase Bulan Sabit juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Mata air dengan ukuran panjang 30 dari selatan ke utara dan lebar 20 m dari timur ke barat itu memang terlihat laksana bulan sabit.

Airnya begitu bening dan cantik, terlebih saat memantulkan cahaya dari langjt biru. Sekalipun berada di tengah-tengah padang pasir, tidak pernah ada pasir memasuki danau sekali pun. Airnya juga tidak pernah berlumpur ataupun kering. Benar-benar ajaib dan luar biasa!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved