Sumber foto: PBS.org

Nasib Biden di Ujung Tanduk, Obama Cs Berbalik Melawan

Tanggal: 19 Jul 2024 12:44 wib.
Partai Demokrat sedang sibuk seiring dengan terus menipisnya peluang Joe Biden untuk memenangkan pemilu. Kini, para petinggi partai tersebut mendesak Biden untuk mempertimbangkan kembali pencalonannya dalam pemilihan 2024.

Mantan Presiden Barack Obama mengungkapkan kekhawatirannya kepada sekutu-sekutunya, sementara mantan Ketua DPR Nancy Pelosi secara pribadi memberi tahu Biden bahwa partai mungkin kehilangan kesempatan untuk menguasai DPR jika dia tidak mundur dari perlombaan.

Pelosi juga menyajikan hasil jajak pendapat kepada Biden yang menunjukkan kemungkinan besar dia tidak dapat mengalahkan Donald Trump. Namun, Pelosi menanggapi dengan tajam, mengatakan bahwa laporan dari sumber anonim "salah menggambarkan" percakapannya dengan presiden.

Dengan waktu yang terus berlari menuju konvensi partai bulan depan, ketidaknyamanan Demokrat meningkat di Gedung Putih dan dalam kampanye Biden di saat yang penuh tekanan ini.

Cerita ini berdasarkan laporan dari lebih dari setengah lusin orang yang meminta anonimitas untuk membahas pertimbangan pribadi yang sensitif. Adapun The Washington Post pertama kali melaporkan keterlibatan Obama.

Obama menyampaikan kepada sekutunya bahwa Biden perlu mempertimbangkan kelayakan kampanyenya tetapi juga menjelaskan bahwa keputusan ada di tangan Biden. Mantan presiden tersebut telah menerima panggilan dari anggota kepemimpinan kongres, gubernur Demokrat, dan donor utama untuk membahas kekhawatiran mereka tentang mantan wakil presidennya.

Biden bersikeras bahwa dia tidak akan mundur, yakin bahwa dia adalah kandidat yang pernah mengalahkan Trump dan akan melakukannya lagi. Quentin Fulks, wakil manajer kampanye Biden, mengatakan pada Kamis: "Dia tidak ragu-ragu pada apapun."

Namun, Demokrat berpengaruh di puncak aparat partai, termasuk kepemimpinan kongres yang dipimpin oleh Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer dan Pemimpin Demokrat DPR Hakeem Jeffries, mengirim sinyal kekhawatiran. Beberapa Demokrat berharap Biden, yang tidak berkampanye setelah dinyatakan positif Covid-19, akan melihat kembali arah kampanye dan warisannya dalam beberapa hari mendatang.

Dengan banyaknya data yang menunjukkan bahwa posisi Biden dapat merusak peringkat Demokrat di Kongres, percakapan jujur secara publik dan pribadi, serta isolasi Biden beberapa hari ini, banyak Demokrat melihat peluang untuk mendorong penilaian ulang. Dia telah diberitahu bahwa kampanye mengalami kesulitan dalam mengumpulkan dana.

Dengan informasi yang bocor ke mana-mana, sahabat terdekat Biden di Kongres dan ketua kampanyenya, Senator Chris Coons dari Delaware, buka suara.

"Presiden Biden pantas dihormati untuk memiliki percakapan keluarga penting dengan anggota kaukus dan rekan-rekannya di DPR dan Senat serta kepemimpinan Demokrat, tanpa harus berjuang melawan kebocoran dan pernyataan pers," katanya kepada Associated Press.

Jika Demokrat serius mempersiapkan langkah luar biasa untuk menggantikan Biden dan beralih ke Wakil Presiden Kamala Harris, akhir pekan ini akan menjadi momen krusial untuk mengubah pikiran presiden, kata beberapa orang yang akrab dengan percakapan pribadi tersebut.

Salah satu sumber mengatakan ini adalah kesempatan terakhir sebelum pemungutan suara virtual yang direncanakan untuk menominasikan pilihan partai pada awal Agustus, menjelang Konvensi Nasional Demokrat di Chicago.

Selama seminggu terakhir, Schumer dan Jeffries, keduanya dari New York, telah berbicara secara pribadi kepada presiden, dengan jujur mengungkapkan kekhawatiran Demokrat di Capitol Hill.

Kontrol atas DPR dan Senat sedang dipertaruhkan, dan para pemimpin sangat menyadari bahwa sapuan Partai Republik pada November dapat meluncurkan agenda Trump selama bertahun-tahun ke depan.

Secara terpisah, ketua Komite Kampanye Kongres Demokrat, Suzan DelBene dari Washington, berbicara dengan presiden minggu lalu dengan membawa data terbaru. Ketua kampanye tersebut secara khusus menyampaikan kekhawatiran Demokrat garis depan yang mencari pemilihan ulang ke DPR.

Donor politik utama, terutama di California, telah memberikan tekanan berat pada kampanye presiden dan anggota Kongres, menurut seorang ahli strategi Demokrat.

Pada Rabu, Perwakilan Adam Schiff dari California, sekutu dekat Pelosi, menyerukan Biden untuk mundur dari pencalonan kembali, mengatakan bahwa sudah waktunya untuk "melimpahkan tongkat estafet."

Jamie Raskin dari Maryland, seorang Demokrat terkemuka yang memperingatkan kebangkitan Trump, menggunakan metafora bisbol dalam surat terbarunya kepada Biden,

"Tidak ada rasa malu dalam mengambil penghargaan yang layak di tengah apresiasi penuh sesak dari kerumunan ketika lengan Anda lelah, dan ada bahaya nyata bagi tim dalam mengabaikan statistik."

Respons Biden

Biden, dalam wawancara radio yang direkam sebelum dia dinyatakan positif Covid-19, menolak anggapan bahwa sudah terlambat baginya untuk pulih secara politik, mengatakan kepada Univision's Luis Sandoval bahwa banyak orang tidak fokus pada pemilihan November hingga September.

Biden mengatakan pada Senin bahwa dia belum berbicara dengan Obama dalam beberapa minggu.

Sementara perhatian terhadap Biden agak mereda, terutama setelah upaya pembunuhan terhadap Trump akhir pekan lalu dan saat Konvensi Nasional Partai Republik berlangsung di Milwaukee, Demokrat tahu mereka memiliki waktu terbatas untuk menyelesaikan kekacauan partai setelah penampilan debat Biden yang goyah bulan lalu.

Tentu saja, banyak yang ingin Biden tetap dalam perlombaan. Dan Komite Nasional Demokrat mendorong rencana untuk pemungutan suara virtual guna secara resmi menjadikan Biden sebagai nominasi pada minggu pertama Agustus, sebelum Konvensi Nasional Demokrat yang dimulai 19 Agustus.

James Clyburn, seorang Demokrat senior yang telah menjadi sekutu utama Biden, mengakhiri beberapa hari berkampanye untuk Biden di Nevada dan mengatakan: "Joe Biden memiliki pengetahuan. Dia telah menunjukkan itu berkali-kali." Dia memperingatkan mereka yang menurutnya "memiliki agenda."

Rabu malam, ABC News melaporkan rincian baru tentang pertemuan pribadi Biden akhir pekan lalu dengan Schumer di rumah pantai presiden di Delaware. Disebutkan bahwa Schumer mengatakan kepada presiden bahwa akan "lebih baik untuk Partai Demokrat dan lebih baik untuk negara jika dia mundur." Seorang juru bicara Schumer menyebut laporan itu "spekulasi kosong."

Juru bicara Gedung Putih, Andrew Bates, mengatakan Biden mengatakan kepada Schumer, serta Jeffries, bahwa "dia adalah nominasi partai, dia berencana untuk menang, dan menantikan untuk bekerja dengan keduanya untuk meloloskan agenda 100 harinya guna membantu keluarga pekerja."

Namun di kalangan Demokrat nasional, hampir dua pertiga mengatakan Biden harus mundur dan membiarkan partai mencalonkan kandidat lain, menurut jajak pendapat Pusat Penelitian Urusan Publik AP-NORC. Hal itu secara tajam meruntuhkan klaim pasca-debat Biden bahwa "Demokrat biasa" masih mendukungnya meskipun beberapa "namabesar" berbalik melawannya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved