Mitos Tentang Pelangi dari Berbagai Negara

Tanggal: 17 Apr 2018 01:08 wib.
Mitos Tentang Pelangi dari Berbagai Negara

 

Semua orang pasti pernah melihat pelangi. Terutama saat terjadi hujan di siang hari maka sesudahnya akan muncullah pelangi. Selain itu kita juga dapat melihat pelangi di air terjun.

Secara ilmiah, pelangi terbentuk karena adanya pembiasan sinar matahari (cahaya) oleh tetesan air yang ada di atmosfer.

Ternyata selain penjelasan tersebut, di beberapa negara masih memiliki cerita lain yang mereka percayai tentang makna keberadaan pelangi.

Berikut beberapa moitos tentang pelangi dari beberapa negara.

 

China

Dahulu kala masyarakat China memiliki kepercayaan bahwa asal mula  munculnya pelangi karena di langit ada sebuah celah atau lubang. Lubang itu kemudian ditambal dengan batu 5 warna. Warna warni dari batu itulah yang akhirnya disebut pelangi. Itulah sebabnya masyarakat China beranggapan bahwa pelangi memiliki 5 warna.

 

Romawi kuno

Masyarakat Romawi kuno beranggapan  bahwa pelangi adalah jembatan yang yang menghubungkan dunia dengan surga. Anggapan ini hampir sama dengan kepercayaan beberapa negara seperti Jepang, Hawai, Selandia baru, Polinesia.

 

Irlandia

Dahulu kala di Irlandia ada bangsa Viking yang suka menjarah dan merampok sesuka hati, dan hasil jarahan itu mereka kubur ke segala penjuru negeri. Perilaku buruk bangsa Viking membuat para kurcaci marah dan menganggap semua manusia serakah.

Suatu hari para kurcaci mengambil emas hasil rampasan bangsa Viking  dan memendam emas-emas itu jauh di dalam tanah di seluruh pulau. Ketika pelangi muncul, pelangi itu selalu jatuh pada tempat di mana para kurcaci memendam emas-emas itu.

Konon, jika kita bisa sampai di ujung pelangi maka kita akan mendapatkan peti-peti harta milik kurcaci yang tak terhingga jumlahnya.

 

Yunani

Beda lagi bagi bangsa Yunani yang teguh mempercayai dewa-dewa. Menurut mereka, pelangi adalah jalan antara Langit, Bumi dan alam untuk para dewa.

 

Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa mitos tentang pelangi tetapi yang paling terkenal adalah kisah tentang Jaka Tarub seorang pemuda yang mencuri selendang bidadari yang sedang mandi. Dipercaya bahwa bidadari-badadari itu berasal dari kayangan dan turun ke bumi melalui pelangi. Pelangi adalah jalan yang dapat menghubungkan kayangan dengan bumi.

 

Itulah beberapa mitos yang berkembang di beberapa negara tentang pelangi. Ada-ada aja ya mitosnya. Boleh dipercaya boleh tidak karna cuma mitos.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved