Sumber foto: google

Militer Rusia Klaim Berhasil Menguasai Wilayah Selatan Ukraina

Tanggal: 18 Jun 2024 09:35 wib.
Pasukan militer Rusia mengklaim telah merebut sebuah desa di Ukraina bagian selatan pada Minggu (16/6). Pendudukan wilayah ini berhasil dilakukan setelah tentara Ukraina makin kekurangan pasukan dan amunisi.

Menurut laporan harian Kementerian Pertahanan Rusia yang dikutip dari AFP, "Unit pasukan timur telah membebaskan pemukiman Zagrine di wilayah Zaporizhzhia dan menduduki posisi yang lebih menguntungkan."

Tentara Rusia telah menguasai wilayah selama berbulan-bulan di Ukraina, khususnya di wilayah timur. Namun, mereka belum mencapai proses yang signifikan. Akhir-akhir ini, pasukan Rusia berhasil mengklaim perebutan beberapa desa di timur, tenggara, dan timur laut Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa pasukan Rusia telah berhasil menaklukkan hampir 880 kilometer persegi wilayah sejak awal tahun. Hal ini menandakan eskalasi kekuatan militer Rusia di wilayah Ukraina, yang semakin memperumit konflik yang sudah berlarut-larut.

Selain itu, Rusia juga melancarkan serangan di wilayah Kharkiv pada 10 Mei, dan mereka berhasil merebut beberapa wilayah sebelum adanya bala bantuan yang dikirim oleh Ukraina. Konflik ini semakin memanas dan menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Pasukan Ukraina sendiri menghadapi kekurangan tentara dan amunisi selama berbulan-bulan meskipun negara-negara Barat telah memberikan janji untuk membantu dengan pengiriman senjata. Hal ini menjadi indikasi bahwa konflik di Ukraina semakin kompleks dan membutuhkan penanganan yang tepat dari pihak-pihak terkait, guna mencegah eskalasi yang lebih besar.

Konflik Ukraina telah menjadi sorotan dunia internasional dan menjadi bahan perdebatan antara negara-negara Barat dan Rusia. Kondisi ini menuntut penyelesaian yang adil dan damai untuk menghindari ancaman keamanan di kawasan Eropa dan sekitarnya. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya diplomasi yang kuat untuk menyelesaikan ketegangan antara Rusia dan Ukraina demi menjaga perdamaian di kawasan tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved