Merokok saat Berkendara Membahayakan Keselamatan Diri Sendiri dan Orang Lain

Tanggal: 5 Mar 2018 12:27 wib.
Tampang.com - Saat berkendara tentunya diperlukan konsentrasi yang tinggi. Hal ini wajib dilakukan dan tidak boleh diabaikan karena dapat mengancam keselamatan orang banyak. Salah satu hal yang membahayakan saat berkendara yaitu merokok. Bahkan kini tercetus larangan merokok saat berkendara dan juga larangan untuk mendengarkan musik.

                                                    

Larangan mendengarkan musik masih menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Ada yang setuju dan ada juga yang tidak setuju. Namun untuk larangan merokok, banyak masyarakat yang setuju dengan hal tersebut.

Menurut keterangan dari Ketua Umum Road Safety Association (RSA), Ivan Virnanda, ia kerap menerima keluhan dari sejumlah pengendara khususnya pengendara roda dua yang akan terkena dampak langsung dari pengendara yang merokok saat dijalan.

"Abu rokok yang tertiup angin sering menerpa wajah pengendara lainnya. Bahkan, tidak hanya abu tapi bara api rokok yang masih menyala sangat berbahaya bagi pengendara lain,” ungkapnya.

                                 

Untuk itu, Ivan kembali mengingatkan mengenai etika berkendara. Ia menegaskan, saat berkendara di jalan raya, ada banyak pengguna jalan lainnya yang memiliki hak dan kewajiban yang sama, kita harus saling menghargai.

“Saling menghargai lah, hormati. Kalo mau enak sendiri, ngerokok kan (kata perokok) bisa bikin nyaman, tapi ingat, kalo dilakukan saat berkendara, bisa berimbas bahaya baik bagi dirinya atau orang lain,” ucap Ivan.

Dari data yang dimiliki RSA Indonesia, tercatat 10 kecelakaan lalu lintas terjadi setiap hari di Indonesia akibat terganggunya konsentrasi saat berkendara. Bahkan, aspek lengah menjadi faktor dominan penyebab kecelakaan dari faktor manusia yaitu sebanyak 56%.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved