Menyandang Hewan Tertinggi di Dunia, Jerapah Sering Tersambar Petir?

Tanggal: 3 Jul 2017 22:03 wib.
Jerapah adalah hewan tertinggi di dunia, pasti kita berpikir apakah hal itu membuatnya lebih rentan tersambar petir daripada hewan lain?

Teka-teki ini memang menarik dan bahkan baru-baru ini telah menjadi pertanyaan paling populer yang pernah diposting di subreddit AskScience.

Jawaban singkatnya tentu saja, karena mereka berdiri setinggi 6 meter, jerapah memang lebih rentan terkena petir. Tapi berapa banyak sih kejadian jerapah tersambar petir?

Meski bisa dipastikan rentan terjadi, kenyataannya sebenarnya sangat jarang.

"Antara tahun 1996 dan 1999, Rhino and Lion Reserve dekat Krugersdorp, Afrika Selatan, mendapati dua dari tiga jerapah telah terbunuh oleh petir, jerapah ketiga berhasil bertahan dari sambaran petir," kata Darren Naish, seorang ahli zoologi yang telah Meneliti topik untuk sebuah buku yang sedang ditulisnya.

Mungkin contoh yang paling terkenal adalah kejadian yang melibatkan jerapah bernama Betsy yang terbunuh oleh sambaran petir di Disney's Animal Kingdom di Florida pada tahun 2003.

Pada tahun 2011, insinyur listrik Universiti Putra Malaysia Chandima Gomes menulis makalah yang mungkin paling banyak dirujuk dan definitif mengenai masalah hewan yag tersambar petir.

"Hewan dengan kaki depan dan belakang yang terpisah jauh, rentan untuk menerima serangan petir karena perbedaan potensial berbahaya yang mungkin ada di antara kaki ini, jika terjadi kilat di dekatnya," tulisnya.

 

Sumber: realclearscience.com
Copyright © Tampang.com
All rights reserved