Mentawai Diguncang Gempa pada Malam Takbiran

Tanggal: 1 Sep 2017 18:11 wib.
Tampang.com- Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter yang menguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada malam takbiran Idul Adha 2017, Jumat pukul 00.06 WIB.

Berdasar informasi yang dirilis BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 10 km laut 80 km Timur Laut Kepulauan Mentawai, 86 kilometer barat daya Pasaman Barat, 87 km Barat Daya Pariaman, 113 kilometer barat daya Padang dan 962 kilometer Barat Laut Jakarta.

Walau Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis bahwa kejadian ini tidak berpotensi tsunami, namun Gempa bumi yang dirasa cukup keras, membuat sebagian besar warga Kota Padang berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Baca : Gempa 6,2 SR Guncang Kepulauan Mentawai

Gempa dirasakan hingga Padang, Pariaman, Padangpariaman, Bukit Tinggi, Padang Panjang, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Kepahiang, Muko-muko, dan Bengkulu Utara.

Menurut kepala Stasiun Geofisika Kelas I Silaing Bawah, Padang Panjang, Rahmat Triyono, yang dikutip dalam VIVA.co.id, Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra. 

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik
Copyright © Tampang.com
All rights reserved