Masyarakat Padang Berkesempatan Menikmati Supermoon Tanggal 3 Desember

Tanggal: 3 Des 2017 06:55 wib.
Tampang.com - Diberitakan oleh badan BMKG, bahwa pada tanggal 3 desember 2017 hari ini masyarakat Indonesia tepatnya pada daerah Padang,Sumatra Barat, akan dapat menikmati keindahan cahaya bulan atau lebih sering disebut Supermoon. Karena pada  pukul 22.46 WIB, ika cuaca cerah, masyarakat bisa melihat bulan penuh dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya



Penjelasan ini didapat dari Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, Rahmat Triyono. Beliau juga menerangkang  pada 4 Desember 2017 pukul 15.45 WIB, bulan akan berada pada jarak yang paling dekat dengan bumi sepanjang tahun ini, yakni 357,49 kilometer.

Kedua kondisi itu, merupakan fase purnama saat bulan di perigee atau yang biasa dikenal dengan supermoon.

Biasanya pada fenomena yang langkah tersebut banyak masyarakat kita Indonesia yang melakukan berbagai ritual, baik itu keagamaan atau adat.



Semua dilakukan oelh masyarat kita, adalah sebagai bentuk syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa. Ada juga dengan fenomena tersebut melakukan sholat atau ritual untuk meminta sesuatu kepada Tuhan.

Menurutnya, jika masyarakat hendak melihat fenomena astronomi itu dengan baik, dianjurkan menggunakan teropong.



"Namun dilihat dengan mata telanjang juga bisa," katanya.

Secara teknis, supermoon bisa terjadi 3 kali dalam setahun. Namun yang terlihat pada 3 Desember 2017 nanti, merupakan satu-satunya yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Hal ini karena tiga supermoon sebelumnya bertepatan dengan fase bulan baru.

Kalian tertarik untuk menikmati Supermoon tersebut guys, segera menyiapkan teropong kalian yes atau siapkan diri untuk berdoa, memohon sesuatu,dan ucap sukur.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved