Sumber foto: google

Malaysia Bersedia Kirim Pasukan Perdamaian Bersama Indonesia ke Gaza

Tanggal: 3 Jul 2024 17:37 wib.
Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan Malaysia bersedia bekerja sama dengan Indonesia termasuk mengirimkan pasukan perdamaian bersama ke Gaza, Palestina, jika diamanatkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Langkah ini diambil dalam upaya menjaga perdamaian dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina yang terdampak konflik yang terus berlanjut.

Kesediaan itu ia sampaikan dalam perbincangan dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melalui sambungan telepon. Anwar mengatakan sempat bertukar pandangan mengenai isu-isu terkini, terutama peran Prabowo dalam mewakili Indonesia di kancah internasional belakangan ini dan membawa visi, kolaborasi, serta perdamaian regional dan universal.“Saya menyambut baik gagasan kerja sama misi penjaga perdamaian internasional Malaysia-Indonesia, dan kerja sama tersebut dapat diperluas ke tingkat regional ASEAN,” kata Anwar.

Ketika konflik di Gaza mencapai titik kritis, Malaysia bersama dengan Indonesia merespons dengan serius untuk membantu menciptakan stabilitas di wilayah tersebut. Keterlibatan kedua negara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi upaya perdamaian di Palestina dan mengurangi penderitaan yang dialami oleh warga sipil.

Sebagai negara yang memiliki pengalaman dalam misi perdamaian, Malaysia telah menunjukkan komitmennya untuk menjadi pemain aktif dalam menjaga perdamaian dunia. Dukungan Malaysia terhadap Palestina juga telah menjadi bagian integral dari kebijakan luar negeri negara tersebut.

Tak hanya itu, Indonesia juga telah lama menjadi pendukung utama bagi kemerdekaan dan kesejahteraan rakyat Palestina. Langkah bersama dengan Malaysia untuk mengirim pasukan perdamaian menunjukkan keseriusan kedua negara dalam memberikan kontribusi nyata bagi penyelesaian konflik di Gaza.

Keputusan untuk mengirim pasukan perdamaian bersama menunjukkan sinergi antara Malaysia dan Indonesia dalam kerja sama regional demi kepentingan kemanusiaan. Kedua negara ini memahami pentingnya solidaritas internasional dalam upaya penyelesaian konflik bersenjata.

Dalam konteks ini, para pemimpin Malaysia dan Indonesia telah menegaskan bahwa keterlibatan pasukan perdamaian mereka di Gaza bukanlah untuk kepentingan politik, melainkan semata-mata untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan menjaga perdamaian di wilayah yang dilanda konflik.

Langkah ini juga sejalan dengan komitmen Malaysia dan Indonesia dalam mendukung upaya perdamaian dunia, serta sebagai wujud nyata dari solidaritas dan kepedulian terhadap penderitaan rakyat Palestina. Dengan keterlibatan pasukan perdamaian mereka, diharapkan situasi di Gaza dapat segera membaik.

Penugasan pasukan perdamaian Malaysia dan Indonesia ke Gaza juga diharapkan dapat memberikan contoh bagi negara-negara lain di kawasan untuk ikut serta dalam menjaga perdamaian dunia. Solidaritas internasional dalam hal ini menjadi kunci dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Dengan demikian, keterlibatan pasukan perdamaian dari Malaysia dan Indonesia ke Gaza menjadi langkah yang sangat positif dalam upaya menjaga perdamaian di wilayah yang dilanda konflik bersenjata. Semoga langkah ini dapat membawa dampak positif bagi stabilitas dan kesejahteraan rakyat Gaza.

Dengan adanya dukungan dari Malaysia dan Indonesia, diharapkan upaya perdamaian di Gaza dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien. Solidaritas internasional dalam menjaga perdamaian kembali terbukti menjadi hal yang sangat vital dalam menjaga kedamaian dunia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved