Luar Biasa.. Jalan Tol Palembang Kok Ambles? Ini Penyebabnya..

Tanggal: 18 Jun 2017 22:13 wib.
Tampang.com - Jalan tol pertama di Sumatera Selatan (Sumsel) yang semula direncankan akan dipakai untuk jalur mudik lebaran tahun 2017 mengalami ambles. Ruas jalan tol Palembang Inderalaya (Palindra) di antara perbatasan Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir (OI) mendadak ambles.

7 kilometer jalan tol Palindra yang siap digunakan untuk jalur mudik, sepanjang 30 meter jalan yang ambles sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Padahal cor jalan tol tersebut baru saja rampung diselesaikan namun sudah mengalami keretakan di bagian tengah dan pinggir bahu jalan.

Hasan Turcahyo selaku Manajer Proyek PT. Hutama Karya (HK) Divisi Jalan Tol Palindra mengatakan bahwa infrastruktur Tol Palindra mengalami kerusakan pada hari Sabtu, 17 Juni 2017 siang sekitar pukul 13.00 WIB.

“Memang ada jalur yang ambles akibat kondisi tanah mengalami penurunan,” ujar Hasan. Penurunan tanah ini karena adanya pergeseran akibat beban yang terlampau berat diatas sehingga tanahnya menurun ke lajur sebelah kiri.

Antisipasi telah dilakukan untuk mencegah agar tidak bertambah parah dengan cara melakukan pelapisan jalan hingga konstruksi yang rusak bisa aman. Pelapisan akan memakan waktu sekitar satu minggu. PT Hutama Karya juga telah menanamkan Vertical drill sedalam 18 meter untuk mengganti sistem vakum yang tidak dilakukan.

Pihak yang bertanggung jawab terhadap Tol Palindra akan melakukan evaluasi terlebih dahulu tingkat keamanan Tol tersebut apakah bisa dilalui untuk jalur mudik atau tidak. Pihak Tol Palindra akan melakukan monitoring dan investigasi terhadap kondisi penurunan tanah seperti ini. Penurunan tanah bis terjadi namun biasanya menurun secara bertahap.

Perbaikan jalan tol yang mengalami ambles diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 4 bulan, termasuk akan menyedot angin dan air yang ada di dalam tanah. Penyedotan berfungsi agar kontur tanah mengeras. Dengan adanya kerusakan ini maka belum dapat dipastikan apakah bisa digunakan untuk jalur mudik atau tidak.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved