Sumber foto: website

Israel Serangan Besar-besaran, Minta Warga Lebanon Mengungsi dari Rumah dan Bangunan Lain

Tanggal: 24 Sep 2024 05:35 wib.
Militer Israel pada Senin (23/9/2024) mengeluarkan seruan kepada warga Lebanon selatan untuk segera mengungsi dari rumah dan bangunan lain. Hal ini terkait dengan serangan besar-besaran Israel terhadap kelompok Hizbullah.

Peringatan ini merupakan yang pertama dalam hampir setahun konflik tingkat rendah di sepanjang perbatasan dan terjadi setelah baku tembak yang sangat hebat pada Minggu (22/9/2024). Hizbullah meluncurkan lebih dari 100 roket, rudal, dan pesawat tak berawak ke Israel utara sebagai balasan atas serangan baru-baru ini yang menewaskan seorang komandan tinggi dan puluhan pejuangnya.

Serangan dan balasan yang meningkat telah meningkatkan kekhawatiran akan perang habis-habisan, bahkan ketika Israel masih memerangi Hamas Palestina di Gaza dan mencoba untuk mengembalikan sejumlah sandera yang diambil dalam serangan 7 Oktober. Hizbullah telah berjanji untuk melanjutkan serangannya sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina dan Hamas, kelompok militan lain yang didukung Iran.

Israel berfokus pada operasi udara dan tidak memiliki rencana segera untuk operasi darat. Serangan tersebut ditujukan untuk mengekang kemampuan Hizbullah untuk meluncurkan lebih banyak serangan ke Israel.

Media Lebanon melaporkan bahwa penduduk menerima pesan teks yang mendesak mereka untuk menjauh dari gedung mana pun tempat Hizbullah menyimpan senjata hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Tidak jelas berapa banyak orang yang akan terpengaruh oleh perintah Israel tersebut. Komunitas di kedua sisi perbatasan sebagian besar telah mengosongkan diri karena baku tembak yang terjadi hampir setiap hari.

Israel menuduh Hizbullah mengubah seluruh komunitas di selatan menjadi pangkalan militan, dengan peluncur roket tersembunyi dan infrastruktur lainnya. Hal itu dapat menyebabkannya melancarkan kampanye pengeboman yang sangat besar, bahkan jika tidak ada pasukan darat yang bergerak masuk.

Israel melakukan puluhan serangan udara di Lebanon selatan pada Senin (23/9/2024) dini hari. Penduduk berbagai desa di Lebanon selatan mengunggah foto-foto di media sosial tentang kampung halaman mereka yang sedang diserang. Kantor Berita Nasional milik pemerintah juga melaporkan serangan udara di berbagai daerah.

Serangan udara Israel di pinggiran kota Beirut pada Jumat (20/9/2024) menewaskan seorang komandan militer Hizbullah dan lebih dari selusin pejuang, serta puluhan warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

Pekan lalu, ribuan perangkat komunikasi, yang sebagian besar digunakan oleh anggota Hizbullah, meledak di berbagai bagian Lebanon, menewaskan 39 orang dan melukai hampir 3.000 orang. Lebanon menyalahkan Israel atas serangan itu, tetapi Israel tidak mengonfirmasi atau menyangkal tanggung jawabnya.

Perkembangan konflik antara Israel dan Hizbullah semakin meresahkan masyarakat di sekitar daerah konflik. Kondisi kemanusiaan semakin memprihatinkan, dengan puluhan warga sipil yang menjadi korban dalam serangan udara dan baku tembak yang terus-menerus.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved