Ilmuwan Menemukan Spesies Tikus Baru Raksasa

Tanggal: 2 Okt 2017 20:32 wib.
Dikenal sebagai tikus 'vika', spesies baru ini memiliki seperangkat gigi yang sangat kuat sehingga bisa membelah kelapa yang terbuka.

Berasal dari Kepulauan Solomon, spesies penghuni pohon yang sulit dipahami ini telah dikabarkan ada bertahun-tahun, namun baru belakangan ini ilmuwan akhirnya dapat melacak specimennya dalam keadaan hidup.

"Ketika saya pertama kali bertemu dengan orang-orang dari Pulau Vangunu di Solomon, mereka bercerita tentang seekor tikus yang berasal dari pulau yang mereka sebut vika, yang tinggal di pepohonan," kata Dr Tyrone Lavery.

"Saya senang karena saya baru saja memulai PhD saya, dan saya telah membaca banyak buku tentang orang-orang yang melakukan petualangan dan menemukan spesies baru."

Perburuan untuk tikus baru ini akan sangat menantang, menyebabkan Dr Lavery dan timnya mempertanyakan apakah ini benar-benar spesies baru.

"Begitu saya memeriksa spesimen itu, saya tahu itu berbeda," katanya. "Hanya ada delapan spesies tikus asli yang diketahui dari Kepulauan Solomon, dan melihat ciri-ciri di tengkoraknya, saya bisa menyingkirkan beberapa spesies dengan segera dari daftar."

Meskipun demikian, kegembiraan seputar penemuan spesies tikus baru ini sudah terancam berkat deforestasi yang sedang berlangsung di pulau terpencil.

"Sudah cukup rentan keberadaan tikus ini, jika kita tidak menemukannya sekarang, mungkin dia tidak akan pernah ditemukan," kata Dr Lavery.

"Daerah tempat ia ditemukan adalah satu-satunya tempat yang tersisa dengan hutan yang belum pernah ditebang."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved