Hujan Deras, Tebing Setinggi 20 Meter di Banjarnegara Longsor

Tanggal: 29 Okt 2017 07:58 wib.
Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Di beberapa daerah, curah hujan yang tinggi dapat menimbulkan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Di Banjarnegara, Jawa Tengah, tepatnya di dusun Simpar Desa Karangsari Kecamatan Pejawaran, terjadi bencana tanah longsor. Tebing setinggi 20 m longsor pada Selasa (24/10).

Akibat kejadian tersebut, satu rumah mengalami rusak berat dan penghuninya terpaksa harus mengungsi. Dalam peristwa itu tidak ada korban jiwa.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman mengatakan longsor yang terjadi Selasa (24/10) malam sekitar pukul 21.45 WIB. Tebing longsor tersebut dipicu karena hujan deras selama dua jam.

Menurut Arief, dalam kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa hanya satu rumah milik Sumarto (66) rusak.

"Awalnya terjadi hujan deras mulai jam 3 sampai jam 5 sore," jelasnya Kamis (26/10/2017).

Untuk penanganan pasca bencana longsor tersebut, tutur Arief, warga dengan dibantu TNI Polri sudah membersihkan material longsor. Akibar banyaknya material longsor tersebut, pemerintah desa setempat mengupayakan peminjaman alat berat untuk memudahkan pembersihan.

"Untuk memudahkan dalam membersihkan material longsor hari ini dari pihak desa akan mengupayakan peminjaman alar berat," tandasnya.

Saat ini, penghuni rumah yang berjumlah 6 orang mengungsi di rumah saudaranya. Sementara berdasarkan tim assessment, akibat bencana tanah longsor tersebut kerugian ditaksir sampai Rp 30 juta. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved