HKTI Tebar Serbuk Jamur Setengah Ton ke Kali Item

Tanggal: 29 Jul 2018 14:26 wib.
Setelah berbagai teknologi dan peralatan diturunkan untuk menangani bau di Kali Item, seperti pompa, alat pengeruk lumpur hingga jaring hitam, oleh Pemprov DKI dan PUPR. Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) turut berpartisipasi untuk menghilangkan bau Kali Item dengan menyebarkan setengah ton atau 500 kilogram serbuk penghilang bau busuk di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (29/7/2018).

Usaha tersebut tak lain untuk mendukung Pemprov DKI guna mensukseskan jalannya Asian Games 2018 yang akan dibuka pada tanggal 18 Agustus mendatang.

Ketua Aksi, Suwardi saat dijumpai di lokasi menyatakan harapannya agar serbuk yang ditebarnya bisa segera menghilangkan bau busuk di Kali Item. Ia menjelaskan, zat kimia tersebut akan bekerja dalam waktu seminggu. Sehingga dari upaya penghilangan bau tersebut, pihaknya akan menunggu bagaimana hasil pertama yang diperolehnya nanti.

Suwardi menegaskan, jika berdampak positif, maka akan ditindak lebih lanjut terkait penanganannya ke depan.

Sementara itu, seorang peneliti Puslit Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Tri Panji menjelaskan bahwa serbuk yang ditaburkan ke Kali Sentiong oleh HKTI terbuat dari jamur yang diolah menjadi bubuk. Peran jamur tersebut dipercaya akan menghilangkan bau dan warna limbah Kali Item.

"Namanya adalah DeoGone, bahannya adalah jamur pelapuk putih, itu jamur yang melapukkan, artinya dia memakan sesuatu yang warnanya bukan putih," paparnya.

Pemprov Jakarta bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi bau dan warna Kali Item yang dinilai kurang indah untuk dipandang mata dan kurang sedap untuk dicium hidung. Sebab, di depan Kali Item tersebut terdapat wisma atlet yang nantinya akan dihuni oleh atlet-atlet Asian Games 2018.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved