Sumber foto: iStock

Changi Tidak Lagi Bandara Terbaik di Dunia, Soetta Masuk 30 Besar

Tanggal: 11 Okt 2024 05:24 wib.
Setelah dominasi selama 12 tahun sebagai bandara terbaik di dunia, Bandara Internasional Changi, Singapura, harus menerima kekalahan menempati peringkat kedua menurut laporan Skytrax World Airport 2024. Gelar bandara terbaik di dunia pada tahun tersebut jatuh ke tangan Hamad International Airport, Qatar.

Dilansir dari laporan Skytrax, inilah daftar bandara terbaik di dunia tahun 2024. Pada posisi ketiga diduduki oleh Incheon International Airport, Seoul, Korea Selatan.

Seiring dengan itu, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, berhasil menduduki peringkat ke-28 sebagai bandara terbaik di dunia pada tahun 2024. Prestasi ini menunjukkan lonjakan signifikan jika dibandingkan dengan posisi pada periode 2023 yang berada di urutan ke-43.

Tidak hanya Soekarno-Hatta, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali pun berhasil masuk kembali dalam daftar 100 besar bandara terbaik di dunia pada tahun 2024, tepatnya berada di peringkat ke-74, setelah sebelumnya menduduki posisi ke-80 pada 2023. 

Skytrax, dalam menentukan bandara terbaik di dunia, mendasarkan hasil penilaiannya berdasarkan survei kepuasan pelanggan. Survei ini juga menetapkan Incheon International Airport sebagai bandara paling ramah keluarga pada tahun 2024.

Di antara bandara terbaik di dunia tahun 2024, Hamad International Airport, Doha, Qatar, berhasil meraih posisi pertama. Selanjutnya, diikuti oleh Changi Airport, Singapura, yang menempati peringkat kedua.

Adapun deretan bandara terbaik di dunia lainnya meliputi Incheon International Airport, Seoul, Korea Selatan, Haneda Airport, Tokyo, Jepang, Narita International Airport, Tokyo, Jepang, Charles de Gaulle, Paris, Prancis, Dubai International Airport, Uni Emirat Arab, Munich International Airport, Jerman, Zurich Airport, Swiss, hingga Istanbul Airport, Turki.

Perolehan prestasi ini memberikan pengakuan atas upaya yang dilakukan oleh masing-masing bandara internasional dalam meningkatkan layanan serta fasilitas demi kepuasan para pengguna jasa bandara. Kehadiran bandara yang memperoleh peningkatan posisi dalam daftar bandara terbaik dunia juga dapat memberikan dampak positif dalam kemajuan industri pariwisata suatu negara.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved