Cerita di Balik Nama “Tahanan PBB” yang Disandang Remaja Ini

Tanggal: 30 Nov 2017 12:13 wib.
 

Apalah artinya sebuah nama. Itu adalah sebuah ungkapan populer untuk tidak mempermasalahkan arti dari sebuah nama.

Namun ada yang unik dan berbeda. Remaja ini diberi nama "Tahanan PBB" oleh kedua orangtuanya.

Yang dimaksud PBB dari nama remaja tersebut adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Rupanya ada kisah yang cukup panjang di balik nama tersebut.

Pasalnya, Tahanan PBB yang lahir pada 31 Agustus 2003 ini lahir dari pasangan Mohammad Yaqub dan Akilah. Keduanya asal Afganistan yang kini menghuni Rumah Detensi Imigran (Rudenim) Manado.

Menurut remaja yang dipanggil Tahanan itu, awalnya kedua orangtuanya ditahan di Rudenim Sumbawa. Lalu pada 2010 dipindahkan ke Rudenim Manado.

"Adik saya juga bernama Tahanan PBB Nomor Dua. Sama seperti saya lahir di dalam sel atau penjara," ujar Tahanan yang masih berseragam sekolah itu, Rabu (29/11/2017).

Kini, Tahanan PBB menjadi penghuni Rudenim Manado bersama 139 imigran lainnya yang bermasalah.

Kebanyakan dari mereka adalah imigran asal Afganistan. Selain itu berasal dari Sudan, Eritrea, Ethiopia, Somalia, Pakistan, Suriah dan Myanmar. Kebanyakan dari tahanan-tahanan tersebut adalah para pencari suaka.

Tahanan sangat fasih berbahasa Indonesia dengan dialek Manado. Kini dirinya bersekolah di SMP Negeri 2 Manado dan duduk di kelas 2. Sewaktu sekolah dasar ditempuh di SDN 54 Manado.

Walau memegang akta kelahiran yang dikeluarkan pemerintah Indonesia, namun Tahanan tidak mengaku sebagai orang Indonesia.

Soal lingkungan sekolah, dia mengaku tak ada kendala. Sebab teman-teman sekolahnya sering membantunya. Tahanan memiliki tekad walau statusnya tidak jelas, ia ingin giat belajar dan menjadi seorang tentara di masa depan. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved