Bumi akan berada di Titik Aphelion Pada 6 Juli 2018; Apa Itu Aphelion?

Tanggal: 6 Jul 2018 22:37 wib.
Bumi akan berada di Titik Aphelion Pada 6 Juli 2018; Apa Itu Aphelion?

 

Menurut kabar, bumi akan berada di titik aphelion pada 6 Juli 2018. Yang menjadi pertanyaan, apa itu Aphelion?

Istilah aphelion sendiri hanya dapat ditemukan pada bidang astronomi. Aphelion berarti jarak terjauh yang dicapai Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari.

Berdasarkan ilmu astronomi dijelaskan bahwa orbit Bumi yang kita diami ini  tidak bulat sempurna, melainkan  berbentuk elips. Oleh sebab itulah akan ada waktunya Bumi berada di titik terjauhnya dan juga di titik terdekatnya dengan Matahari. Aphelion tahun ini terjadi 6 Juli 2018 pukul 23.48 WIB.

Namun sayangnya puncaknya terjadi saat malam hari, sehingga penduduk yang berada di Indonesia dan sekitarnya tidak bdapat menyaksikan peristiwa unik tersebut. Hanya mereka  yang sedang berada di Amerika Serikat yang dapat merasakannya.

Apakah anda tahu, apa yang terjadi disaat peristiwa Aphelion? Berikut penjelasannya:

Disaat Aphelion terjadi, maka yang dirasakan adalah suhu bumi menjadi lebih terasa dingin daripada biasanya. Menurut kabar, daerah yang paling terasa dingin pada 6 Juli 2018 ini, khususnya di Indonesia adalah Kota Bandung dan Bogor yang mencapai 12 derajat celcius dan diperkirakan akan berlangsung selama beberapa hari kedepan dari kisaran suhu normal yang biasa terjadi 18 derajat celsius.

Itulah penjelasan seputar Aphelion, semoga menambah pengetahuan.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved