Bendera Indonesia Terbalik, Panitia SEA Games 2017 Minta Maaf

Tanggal: 21 Agu 2017 08:35 wib.
Setelah menuai banjir kritik, kecaman dan hujatan di media sosial, Malaysia akhirnya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia terkait insiden terbaliknya bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games 2017. Permintaan maaf tersebut secara resmi dikeluarkan oleh penyelenggara Sea Games di Malaysia dengan mengatakan bahwa kesalahan itu adalah murni ketidaksengajaan.

Panitia Pelaksana SEA Games 2017 Malaysia menyebutkan, terbaliknya gambar bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games XXIX/2017 adalah sebuah kesalahan yang tidak disengaja.

"Kami menyampaikan permintaan maaf pada masyarakat Indonesia untuk kesalahan yang tidak disengaja atas pemuatan gambar bender Indonesia yang terbalik," ujar pernyataan resmi panitia dalam laman resmi SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Seperti diketahui, dalam buku panduan SEA Games XXIX/2017, Kuala Lumpur Malaysia, bendera Indonesia dimuat terbalik yakni putih pada bagian atas, dan merah di bagian bawah.

Buku bertajuk 'souvenir special' tersebut dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menpora Imam Nahrawi saat upacara pembukaan pesta olahraga bangsa Asia Tenggara yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik seperti yang tercantum pada halaman ke-80 buku itu, yakni menjadi putih merah. Posisi bendera Indonesia itu bersebelahan dengan bendera Malaysia. 

"Kesalahan ini sangat kami sesali," kata panitia dalam sebuah pernyataan. Disebutkan, menteri pemuda dan olahraga dan ketua penyelenggara Sea Games Malaysia akan menghubungi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi untuk kembali menyampaikan permohonan maaf.

Terbaliknya pencetakan bendera Indonesia dalam buku panduan Sea Games ini telah memicu tagar Shame on You Malaysia di Twitter - yang hingga kini sudah dipakai 60.000 kali.

Kehebohan diawali oleh kicauan Menpora Imam Nahrawi yang sedang mengikuti pembukaan Sea Games di Malaysia.

Dalam cuitan itu, Menpora memperlihatkan foto buku Sea Games yang memuat bendera Indonesia terbalik dan menulis, "pembukaan #SEAgame2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita.... Merah Putih. Astaghfirullaah..."

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved