Bayi Ditelantarkan di Lingkar Gentong Tasik, Banyak Keluarga yang ingin Mengadopsi

Tanggal: 30 Nov 2017 06:36 wib.
Tampang.com – Keluarga yang berminat mengadopsi bayi yang ditelantarkan di Jalan Lingkar Gentong Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya Senin (27/11), terus bertambah.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto mengatakan sampai kemarin (29/11), jumlah calon pengadopsi mencapai 12. Satu hari sebelumnya, pengadopsi baru sembilan keluarga. 

“Hari ini (kemarin) ada tambahan tiga keluarga, termasuk tadi ada yang menelepon seorang ibu asal Kabupaten Indramayu,” paparnya kepada Radar kemarin (29/11).

Bagi keluarga yang berniat mengadopsi bayi tersebut, kata Ato, akan terus ditampungnya. Direncanakan Selasa (5/12) KPAI bersama Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tasikmalaya segera  menentukan apakah bayi tersebut akan diadopsikan atau diserahkan kepada panti asuhan. 

“Setelah ada kesepakatan bersama untuk adopsi, baru kita melangkah untuk seleksi siapa orang tua yang tepat untuk mengadopsi bayi tersebut,” terangnya.

Ketika ditanya terkait perkembangan kasusnya, Ato mengatakan sampai saat ini belum ada perkembangan terbaru. KPAI saat ini lebih memilih fokus untuk tahapan mencari orang tua adopsi, karena bayi ini harus sesegera mungkin mendapatkan kasih sayang dari orang tua.

Di samping adopsi, saat ini bantuan kepada bayi terus berdatangan. Baik yang sudah memberikan bantuan ataupun yang baru rencana. Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Tasikmalaya, Himpunan Pedagang Pasar Ciawi dan Siswa MAN III Ciawi akan menggelar penggalangan dana yang akan diberikan untuk memenuhi kebutuhan bayi. 

“Saya apresiasi sekali kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah memberikan bantuan kepada bayi ini,” paparnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya M Nandang Suhendi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi atas banyaknya keluarga yang berniat mengadopsi bayi tersebut. 

“Sejauh ini saya baru tahu secara komunikasi saja banyak yang berminat adopsi, sedangkan secara data resmi siapa saja yang akan mengadopsi belum ada laporan,” paparnya. 

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Puskesmas Ciawi Kabupaten Tasikmalaya Asep Rudi mengatakan kondisi bayi yang ditemukan warga di Lingkar Gentong empat hari lalu itu, kemarin, sangat sehat. Sehingga tidak ada perawatan khusus yang diberikan kepada bayi tersebut. 

“Kita hanya memberikan perawatan seperti terhadap bayi pada umumnya. Karena kondisi sehat, bayi tidak rewel, jadi ketika sudah minum susu kemudian tidur lagi,” tandasnya. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved