Sumber foto: pinterest.com

5 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia Tahun 2024

Tanggal: 29 Apr 2024 09:17 wib.
Tahun 2024 menjadi periode rekor keberadaan miliarder di dunia yang berhasil tercatat oleh majalah Forbes. Dalam daftar miliarder dunia yang dirilis tahun ini, Forbes berhasil menemukan 2.781 orang dengan kekayaan dan harta paling fantastis di seantero Bumi. Fakta menariknya, hampir seperempat miliarder tersebut dengan kekayaan gabungan mencapai 3 triliun dolar Amerika Serikat (AS) ada di 5 kota dari enam negara.

Berdasarkan data Forbes, New York kembali menjadi kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia tahun ini. Selain New York, ada 5 kota lain dengan jumlah miliarder terbanyak tahun ini. Berikut daftarnya seperti dikutip dari situs resmi Forbes:

1. New York
New York sukses mempertahankan status sebagai ibu kotanya para miliarder dunia dengan jumlah 110 orang dengan kekayaan miliaran dolar AS. Ada tambahan 9 miliarder baru yang merupakan penduduk New York. Total kekayaan yang dimiliki miliarder New York mencapai 694 miliar dolar AS, hampir seperempatnya dimiliki oleh dua orang paling kaya di sana: Michael Bloomberg dengan harta 106 miliar dolar AS dan pewaris Koch Industries, Julia Koch yang punya harta kekayaan 64,3 miliar dolar AS. New York juga jadi rumah bagi para miliarder baru yang masuk dalam daftar Forbes. Beberapa di antaranya adalah Co-Founder perusahaan parfum asal Prancis Interparfums, Jean Madar dengan kekayaan 1,1 miliar dolar AS dan juga Co-Founder perusahaan keamanan klout Israel Wiz, Assaf Rappaport yang punya kekayaan sekitar 1 miliar dolar AS.

2. Moskow dan Hong Kong
Ada dua kota yang menempati posisi nomor dua sebagai kota dengan jumlah miliarder terbanyak, yakni Moskow dan Hong Kong. Kedua kota tersebut sama-sama memiliki 74 miliarder. Untuk Hong Kong, ini merupakan kali kedua mereka berada di posisi kedua setelah tahun sebelumnya. Sementara untuk Moskow, ini adalah pertama kalinya mereka berada di posisi kedua. Moskow berhasil lompat dari posisi 6 pada tahun sebelumnya ke posisi 2 tahun ini setelah kekayaan miliarder Rusia mengalami kebangkitan pasca konflik dengan Ukraina. Adapun total kekayaan para miliarder di Moskow mencapai 378 miliar dolar AS dengan 12 miliarder baru yang berhasil masuk dalam daftar terkaya Rusia tahun ini. Orang terkaya di Moskow adalah Vagit Alekperov dengan harta 28,6 miliar dolar AS. Sementara itu di Hong Kong, total harta yang dimiliki orang kaya mereka sebesar 326 miliar dolar AS. Ada penambahan empat miliarder terbaru sepanjang tahun ini dengan orang paling kaya di Hong Kong adalah Li Ka-shing dengan harta 37,3 miliar dolar AS.

3. Mumbai
Di peringkat berikutnya ada Mumbai dengan 69 miliarder yang total kekayaannya mencapai 379 miliar dolar AS. Mumbai kehadiran 13 orang miliarder baru tahun ini. Namun, status orang terkaya di Mumbai tetap disandang oleh Mukesh Ambani yang punya harta 116 miliar dolar AS. Dengan harta tersebut, Mukesh Ambani juga menjadi orang terkaya di Asia tahun ini.

4. Beijing
Setelah Mumbai, di peringkat berikutnya ada Beijing sebagai kota dengan jumlah miliarder terbanyak tahun ini. Ibu Kota China tersebut punya 63 miliarder tahun ini. Angka tersebut tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun lalu. Beijing pernah menjadi kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia pada 2021, namun harus kehilangan 32 orang miliarder sejak saat itu. Kombinasi kekayaan 63 miliarder Beijing turun 14% tahun ini menjadi 211 miliar dolar AS dibandingkan tahun lalu, dampak dari pertumbuhan ekonomi China yang melambat. Orang terkaya di Beijing adalah Zhang Yiming dengan total harta mencapai 43,4 miliar dolar AS.

5. London
London pun menyandang status sebagai salah satu kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Ibu Kota Inggris tersebut tercatat punya 62 miliarder tahun ini atau satu orang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Jika ditotal, 62 orang paling kaya di London punya harta 326 miliar dolar AS. Orang terkaya di London adalah Len Blavatnik dengan harta 32,1 miliar dolar AS.

Menarik untuk dicatat bahwa miliarder-miliarder ini tidak hanya menciptakan kekayaan bagi diri mereka sendiri, tetapi juga memberikan dampak besar pada ekonomi kota tempat tinggal mereka. Berdasarkan data Forbes, keberadaan miliarder ini juga menciptakan peluang lapangan kerja dan memberikan kontribusi signifikan dalam berbagai proyek filantropis serta pembangunan infrastruktur di kota mereka. Ini menunjukkan bahwa keberadaan miliarder tidak hanya memberikan dampak ekonomi, tetapi juga membawa manfaat sosial bagi masyarakat di sekitar mereka.

Selain itu, keberadaan miliarder juga mencerminkan potensi pertumbuhan ekonomi suatu kota dan negara. Kehadiran sejumlah besar miliarder dapat menjadi faktor penarik investasi dan memperkuat citra positif suatu kota dalam pasar global. Oleh karena itu, peran miliarder dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja tidak boleh diabaikan.

Peringkat kota-kota dengan jumlah miliarder terbanyak tidak hanya mencerminkan konsentrasi kekayaan di suatu wilayah, tetapi juga menggambarkan potensi ekonomi dan dampak yang ditimbulkannya bagi kota dan negara secara keseluruhan. Hal ini memberikan gambaran yang menarik bagi para pengamat ekonomi dan pelaku bisnis dalam mengidentifikasi peluang dan potensi pasar di berbagai kota di dunia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved