Sumber foto: Google

Resep Nugget Ayam Rumahan: Cukup Gunakan Setengah Kilo Ayam

Tanggal: 30 Mei 2024 16:17 wib.
Nugget ayam merupakan salah satu makanan ringan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Kelezatannya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat nugget ayam menjadi pilihan camilan yang cocok disajikan kapan pun. Bagi Anda penggemar kuliner Indonesia, membuat nugget ayam rumahan bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati camilan sehat dan lezat. Di dalam artikel ini, Anda akan diajak untuk mengenal resep nugget ayam rumahan yang cukup menggunakan setengah kilo ayam, sehingga Anda bisa mencoba membuatnya di rumah dengan mudah.

Bahan-bahan:

- Setengah kilogram daging ayam, bisa menggunakan bagian dada ayam atau bagian lainnya sesuai selera.
- 1 butir telur ayam, kocok lepas.
- 3 siung bawang putih, haluskan.
- 1 batang daun bawang, iris tipis.
- 3 sendok makan tepung maizena.
- 3 sendok makan susu cair.
- Garam secukupnya.
- Merica bubuk secukupnya.
- Penyedap rasa secukupnya.
- 150 gram tepung roti untuk lapisan.

Cara membuat:

1. Pertama, siapkan daging ayam yang telah dicuci bersih dan tiriskan. Potong daging ayam menjadi potongan kecil agar mudah diolah.
   
2. Masukkan potongan daging ayam ke dalam food processor, haluskan hingga daging ayam menjadi tekstur yang halus dan lembut.

3. Setelah daging ayam halus, pindahkan ke dalam wadah. Tambahkan telur ayam, bawang putih, dan daun bawang ke dalam wadah yang berisi daging ayam halus. Aduk rata.

4. Selanjutnya, tambahkan tepung maizena dan susu cair ke dalam adonan ayam. Aduk merata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

5. Setelah semua bahan tercampur, tambahkan garam, merica bubuk, dan penyedap rasa secukupnya ke dalam adonan ayam. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata dan rasa sudah sesuai dengan selera.

6. Siapkan loyang yang sudah dioles dengan sedikit minyak atau margarin. Tuang adonan ayam ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.

7. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius. Setelah oven panas, masukkan loyang dengan adonan ayam ke dalam oven. Panggang adonan ayam selama 20-25 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.

8. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven. Biarkan adonan ayam dingin sebentar, kemudian potong-potong sesuai dengan ukuran nugget yang diinginkan.

9. Setelah dipotong, balur potongan nugget ke dalam tepung roti hingga seluruh permukaan nugget terbalut rata dengan tepung roti.

10. Nugget ayam yang sudah dibalut tepung roti siap digoreng. Panaskan minyak dalam wajan, goreng nugget hingga kecoklatan dan renyah. Angkat dan tiriskan.

Sekarang, nugget ayam rumahan Anda siap untuk disajikan! Anda bisa menikmati nugget ayam dengan saus sambal, saus tomat, atau saus keju sesuai dengan selera.

Dengan menggunakan setengah kilo daging ayam, Anda bisa membuat nugget ayam rumahan yang sehat dan lezat dalam jumlah yang cukup untuk dinikmati bersama keluarga. Dengan menggunakan resep ini, Anda juga bisa menyesuaikan rasa dan tekstur nugget sesuai dengan selera masing-masing. Selamat mencoba membuat nugget ayam rumahan!

Memasak nugget ayam rumahan dengan menggunakan setengah kilo ayam adalah pilihan tepat untuk menikmati camilan sehat dan lezat di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa membuat nugget ayam sendiri tanpa perlu membeli yang sudah jadi di toko. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved