Sumber foto: Google

Resep Kolang-kaling Enak dan Empuk: Kuliner Indonesia yang Lezat

Tanggal: 20 Mei 2024 19:57 wib.
Kolang-kaling merupakan salah satu jenis makanan manis yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini biasanya disajikan sebagai campuran es buah, es teler, atau sebagai hiasan dalam berbagai jenis kue. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuat kolang-kaling menjadi hidangan yang disukai banyak orang. Berikut ini adalah resep untuk membuat kolang-kaling enak dan empuk, yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

- 250 gram kolang-kaling kering
- 150 gram gula pasir
- 500 ml air
- 1 lembar daun pandan
- ½ sdt vanili bubuk
- Air secukupnya untuk merebus kolang-kaling

Langkah-langkah pembuatan kolang-kaling enak dan empuk:

1. Pertama-tama, rendam kolang-kaling kering dalam air hangat selama kurang lebih 3 jam. Setelah kolang-kaling mengembang, cuci bersih dan tiriskan.

2. Rebus kolang-kaling dengan air secukupnya sampai teksturnya menjadi empuk. Biasanya proses merebus kolang-kaling memerlukan waktu sekitar 30-45 menit. Setelah empuk, tiriskan kolang-kaling dan sisihkan.

3. Selanjutnya, masak gula pasir dan air dalam panci dengan api sedang. Aduk hingga gula larut dalam air dan biarkan mendidih.

4. Tambahkan daun pandan yang sudah diremas-remas dan vanili bubuk ke dalam larutan gula. Aduk rata.

5. Setelah larutan gula mendidih, masukkan kolang-kaling yang sudah direbus ke dalamnya. Masak kolang-kaling dengan larutan gula, aduk perlahan sampai kolang-kaling terbalut oleh gula.

6. Biarkan kolang-kaling mendidih dalam larutan gula dengan api kecil hingga gula meresap dan kolang-kaling terlihat mengkilap.

7. Angkat kolang-kaling dan tiriskan. Kolang-kaling siap disajikan sebagai hidangan penutup yang lezat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyajikan kolang-kaling enak dan empuk sebagai hidangan penutup di rumah. Selain itu, kolang-kaling yang telah dimasak ini juga dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan dalam lemari pendingin untuk dinikmati kapan saja.

Kolang-kaling enak dan empuk ini juga merupakan salah satu contoh dari aneka kudapan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa khas. Tak heran jika kolang-kaling sering dijadikan oleh-oleh khas dari daerah-daerah tertentu di Indonesia.

Di samping rasanya yang lezat, kolang-kaling juga memiliki nilai gizi yang baik. Kolang-kaling mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan juga mengandung vitamin C yang baik untuk imunitas tubuh. Dengan begitu, kita dapat menikmati hidangan manis kolang-kaling dengan tambahan manfaat kesehatan.

Kolang-kaling enak dan empuk juga sangat cocok dihidangkan dalam berbagai acara, seperti acara arisan, perayaan, atau pun sebagai hidangan penutup setelah makan malam bersama keluarga. Anda juga dapat menghidangkan kolang-kaling bersama es krim, agar sensasi manis dan segarnya semakin terasa.

Sebagai salah satu kuliner Indonesia, kolang-kaling enak dan empuk ini bisa menjadi alternatif hidangan penutup yang lezat dan menyegarkan. Anda juga dapat menambahkan potongan buah, agar tampilan hidangan semakin menarik dan menggugah selera.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved