Sumber foto: Google

Resep Kolak Pisang: Takjil Simple untuk Buka Puasa

Tanggal: 18 Mar 2024 23:06 wib.
Dalam bulan Ramadan, tradisi buka puasa atau disebut iftar menjadi momen berbagi dan menyatukan keluarga. Takjil, makanan atau minuman kecil yang disantap untuk membuka puasa, memegang peran penting dalam tradisi Ramadan. Salah satu takjil yang populer dan banyak disukai adalah kolak pisang. Kolak pisang merupakan hidangan manis khas Indonesia yang cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa. Dengan bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, berikut ini adalah resep kolak pisang yang enak dan simple untuk menyambut buka puasa.

Resep Kolak Pisang

Bahan-bahan :


Pisang raja matang, potong-potong secukupnya
Gula merah secukupnya
Santan encer 500 ml
Daun pandan 2 lembar
Garam sedikit 
Air secukupnya


Cara membuat :

1. Rebus santan encer bersama daun pandan dan garam hingga mendidih.

2. Masukkan potongan pisang ke dalam rebusan santan. Biarkan hingga pisang matang dan teksturnya empuk.

3. Masukkan gula merah ke dalam rebusan. Aduk hingga gula merah larut dan rasakan manisnya sesuai selera.

4. Tambahkan air jika dirasa kolak terlalu kental. Aduk rata dan biarkan mendidih sebentar.

5. Angkat dan sajikan kolak pisang hangat atau dingin sesuai selera.

Kolak Pisang : Takjil Simple untuk Buka Puasa

Kolak pisang merupakan takjil yang sempurna untuk menyegarkan tenggorokan setelah seharian menahan lapar dan haus. Rasa manis dari gula merah yang meresap ke dalam potongan pisang akan memberikan kepuasan tersendiri saat menyantapnya. Kandungan santan juga memberikan tambahan nutrisi dan energi yang diperlukan setelah berpuasa.

Selain rasanya yang lezat, kolak pisang juga mudah disiapkan. Dengan bahan-bahan sederhana yang dapat ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket, siapapun dapat mencoba membuat takjil nikmat ini di rumah. Dalam beberapa langkah sederhana, hidangan takjil pun siap disantap oleh seluruh anggota keluarga.

Menyambut Buka Puasa dengan Kolak Pisang

Saat berbuka puasa, kolak pisang dapat menjadi pilihan takjil yang menyenangkan dan mengenyangkan. Rasanya yang manis dan lezat akan memberikan kebahagiaan tersendiri setelah seharian menahan lapar. Selain itu, kolak pisang juga memiliki kandungan gizi yang baik, terutama dari pisang dan santannya. 

Tak hanya sebagai takjil, kolak pisang juga bisa menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah santap sahur. Sebagai makanan yang mudah dicerna dan mengandung energi yang dibutuhkan, kolak pisang akan membantu menyegarkan tubuh setelah menjalani ibadah puasa.

Dengan resep yang mudah dan bahan yang sederhana, kolak pisang merupakan pilihan takjil yang tepat untuk menyambut buka puasa. Dapat disajikan hangat maupun dingin, kolak pisang cocok dinikmati oleh semua anggota keluarga. Selamat mencoba membuat kolak pisang sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya saat buka puasa!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved