Sumber foto: Goggle

Resep Dimsum Gyoza Udang, Bikin Mulai dari Kulit

Tanggal: 24 Jun 2024 10:59 wib.
Saat mendapatkan hasrat untuk mencoba hidangan asia yang lezat dan gurih, dimsum mungkin akan menjadi pilihan yang tepat. Dimsum adalah salah satu chinese food yang telah menjadi favorit banyak orang. Ada banyak cara memasak dimsum, salah satunya adalah dengan metode dikukus atau digoreng.

Biasanya, dimsum diisi dengan daging ayam, udang, atau kombinasi dari keduanya. Salah satu varian dimsum yang bisa dicoba adalah dimsum udang yang memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis. Anda dapat membuat dimsum udang dengan menggunakan bahan-bahan seperti udang segar, daun bawang, garam, merica, kecap asin, minyak wijen, tepung maizena, tepung tang mien, dan tepung kanji.

Untuk mencoba membuat dimsum udang ini mulai dari pembuatan kulitnya, berikut adalah langkah-langkahnya seperti yang dikutip dari buku "Resep Favorit untuk Usaha SIOMAY" (2013) karya Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit dimsum udang antara lain adalah 80 gram tepung tang mien, 4 sdm tepung kanji, air mendidih, minyak goreng, dan kuaci yang sudah diseduhan dengan air mendidih dan ditiriskan. Sedangkan untuk isiannya, Anda memerlukan udang segar yang sudah dikupas dan dicincang kasar, batang daun bawang yang diiris halus, garam, merica bubuk, gula pasir, kecap asin, tepung maizena, dan minyak wijen. 

Untuk membuat sausnya, Anda akan membutuhkan gula pasir, white rice vinegar atau cuka beras, air, bawang putih, cabai rawit merah, jahe, dan kecap asin. 

Proses pembuatan dimsum udang dimulai dengan persiapan isi dimsum. Campur dan aduk semua bahan isi hingga merata dan kenyal. Sementara itu, proses pembuatan saus dimulai dengan mencampurkan gula pasir, white rice vinegar, dan air, kemudian dimasak hingga mendidih dan gula larut. Selanjutnya, tambahkan bawang putih, cabai, jahe, dan kecap asin, lalu masak hingga mendidih sekali lagi.

Setelah itu, proses pembuatan kulit dimsum dimulai dengan mencampurkan tepung tang mien dengan tepung kanji, lalu tuangkan air mendidih sambil terus diaduk hingga rata. Setelah itu, bulatkan dan biarkan selama 30 menit hingga adonan kulit berwarna putih bersih. Kemudian, olesi meja dengan minyak goreng, uleni adonan hingga lembut, dan bagi menjadi 12 bagian sama besar. Bentuk bulat dan tipiskan masing-masing hingga berdiameter 11 cm. 

Selanjutnya, ambil selembar kulit, buat lima lipatan yang sama pada salah satu sisinya hingga membentuk seperti renda. Masukkan satu sendok makan adonan isi dan rekatkan sisi yang dilipat dengan sisi lainnya. Lakukan hal yang sama hingga menjadi enam buah. Setelah itu, kukus dalam dandang panas selama 10 menit hingga matang dan kulit terlihat bening. Sajikan dimsum udang hangat bersama sausnya.

Selain dimsum udang, terdapat berbagai varian dimsum lainnya yang bisa Anda coba, seperti dimsum goreng, samosa sayuran, pangsit, chicongfan, dan masih banyak lagi. Dimsum juga bisa disimpan dalam kondisi beku agar dapat diolah kembali di kemudian hari. Buku "Resep Favorit untuk Usaha SIOMAY" (2013) karya Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama merupakan salah satu buku referensi yang dapat dijadikan panduan dalam memasak dimsum, dan bisa Anda beli secara online di Gramedia.com.

Dengan berbagai macam resep dan cara memasaknya, dimsum menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba di rumah. Hidangan yang lezat dan cocok disajikan untuk acara keluarga atau pun pertemuan bersama teman. Cobalah untuk berkreasi dengan berbagai varian dimsum yang menarik dan nikmati selera asia yang autentik dalam hidangan Anda.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved