Resep Daging Sapi Asam Manis yang Mudah Dibuat dan Lezat Rasanya

Tanggal: 20 Jun 2020 16:33 wib.
Dalam memenuhi kebutuhan harian akan protein dan juga zat besi serta beragam nutrisi lainnya maka daging merah dapat menjadi solusinya. Daging merah seperti daging sapi maupun daging kambing telah dikonsumsi sejak dulu dan selain itu pada setiap negara memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengolahnya. Sehingga tidak mengherankan bila aneka olahan dari daging sapi dan kambing kerapkali disajikan pada hari-hari besar keagamaan. Mendapat juluka sebagai daging merah karena pigmen warna merahnya. Daging sapi kaya akan protein, zat besi dan nutrisi lainnya dan merupakan salah satu bahan makanan favorit keluarga. Di Indonesia sendiri daging sapi ini seringkali diolah menjadi berbagai masakan seperti rendang, gepuk daging sapi, daging teriyaki, daging sapi balado, sop buntut, empal goreng, sate dan lain-lain. 

Bahkan ada salah satu masakan khas Indonesia yang telah diakui secara internasional oleh sebagai salah satu masakan terlezat di dunia yaitu  olahan daging sapi dengan cita rasa pedas yang tidak lain adalah rendang daging sapu yang juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Di dalam 100 gram  daging sapi terdapat kandungan nutrisi seperti :


Kalori
Lemak
Lemak jenuh
lemak trans
Protein
Kalsium
Zat besi
Vitamin D 7 IU
Vitamin B6
Vitamin B12


Magnesium Nah bila diperhatikan maka kandungan nutrisi dari daging sapi tersebut tidak mengandung serat. dan oleh sebab itulah mengkonsumsi daging sapi ini harus dibaerngi dengan asupan serat yang didapatkan dari sayur ataupun buah. Akan tetapi dalam mengkonsumsi daging sapi ini ada keunggulan serta manfaatnya yang tersendiri lho. Agar terhindar dari risiko yang mungkin muncul maka sebaiknya ketika mengkonsumsi daging yang perlu diperhatikan adalah :


Makanlah hanya dengan ukuran satu porsi.
Hindari bagian daging yang banyak gajihnya karena memiliki lemak jenuh yang tinggi.
Olah daging dengan cara direbus, ditumis atau dipanggang dan hindari daging yang digoreng karena menyerap minyak lebih banyak.


Buat kalian yang ingin menyajikan menu masakan dan enak yang terbuat dari daging sapi, berikut ini salah satu  resep daging sapi yang bisa dipraktekkan di rumah yang pastinya bakal bikin kamu ketagihan lho.

Daging Sapi Asam Manis

Bahan-bahannya:


250 gram daging sapi segar
1 buah tomat
3 buah cabai hijau
3 buah cabai keriting
1 buah
kentang
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya


Bumbu :


2 siung bawang putih
4 butir bawang merah
1 sendok makan gula
1 sendok makan asam jawa
1 sendok teh garam
2 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk


Cara menyiapkan bahan-bahan :

1.Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan daging sapi dan kemudian potong-potong menjadi bagian kecil dan sisihkan.

2.Kupas kentang kemudian cuci hingga bersih dan potong dadu.

3.Langkah selanjutnya adalah bawang merah dan bawang putih diiris tipis, sisihkan.

4.Potong panjang tomat.

5.Iris serong cabai keriting dan cabai hijau.

Cara membuatnya :

1.Ambillah wajan lalu tuangkan minyak goreng sebanyak 3 sendok makan.

2.Kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih, aduk merata dan tumis hingga keluar aroma harum.

3.Selanjutnya adalah memasukkan daging sapi yang telah dipotong-potong kecil. Aduk hingga merata dan setelah itu masukkan air asam jawa lalu aduk kembali hingga merata.

4.Masak daging sapi tersebut hingga empuk dan bila daging masih terasa keras, dapat menambahkan air secukupnya. Lalu masak kembali samai daging sapi benar-benar matang.

5.Masukkan tomat yang sudah dipotong-potong dan aduk kembali hingga rata.

6.Masukkan potongan kentang serta beberapa bumbu lainnya seperti garam, gula, merica, kecap manis dan cabai. Aduk hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata.

7.Masak kembali hingga daging empuk dan kentang menjadi lunak serta airnya menyusut dan bumbu meresap.

8.Bila sudah seperti itu, angkat dan sajikan.

Nah, sudah selesai daging asam manisnya yang pasti lezat. Dengan tekstur dagingnya yang empuk dan bumbu yang terasa nikmat sehingga memanjakanlidah anda. Sajikan dalam keadaan hangat agar lebih lezat dan nikmat. Buat kamu yang sedang mencari aneka resep daging sapi yang mudah dibuat dan bisa menjadi favorit keluarga, selerasa tempatnya. Beraneka kumpulan resep masakan dan makanan Indonesia serta mancanegara ada di sini. Temukan berbagai resep favoritmu hanya di sini.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved