Mencicipi Kuliner Yang Ada Di Tegal

Tanggal: 17 Jul 2017 20:36 wib.
Kota yang sudah terkenal dengan bahasa ngapaknya ini ternyata memiliki berbagai macam kuliner khas yang dapat dijumpai jika kita mengunjungi Kota Tegal. Sebenarnya tidak hanya di kotanya saja, di daerah kabupatennya pun banyak tersedia makanan-makanan enak yang wajib kita coba. Mau tau apa aja? Mari disimak..

Yang pertama kupat glabed/kupat bongkok



Kupat bongkok merupakan jenis ketupat yang mungkin terdengar asing ditelinga karena ini memang cuma ada di Tegal. Ketupat ini disajikan dengan topping khas yaitu mie kenyol yang terbuat dari krupuk mie. Kemudian ada kari tempe dan tauge pendek sebagai tambahannya. Rasanya paling nikmat pastinya. Tempat yang terkenal dengan kupat bongkoknya  yakni Tegalsari.

Yang kedua yaitu soto tauco

 

 

 

 

 



Jenis soto yang satu ini memang khas dengan sambel tauconya yang beda dari yang lain. Untuk isian bisa sesuai selera mau daging, ayam, ataupun babad. Soto ini banyak ditemukan di hampir sepanjang jalan di kota dan Kabupaten Tegal. Harga juga sangat terjangkau dan rasanya.. nagih, nggak cukup deh kalo cuma satu mangkok.

Ketiga ada sate kambing



Sate kambing khas tegal pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah “batibul” dan “balibul”. Sate kambing ini memang menggunakan daging kambing muda yang umurnya masih dibawah tiga atau lima bulan. Makanya sate ini memiliki tekstur daging yang empuk dan enak banget pastinya. Tapi untuk yang punya penyakit kolesterol dan darah tinggi dikontrol ya makan sate kambingnya.. hehe. Sate ini banyak ditemukan di daerah Tirus dan juga Slawi.

Dan keempat ada tahu aci



Tahu kuning berbentuk segitiga ditambah aci diatasnya ini memang sudah terkenal di Tegal. Tahu ini memiliki rasa yang enak, gurih, dan cocok banget dimakan sambil ngeteh. Ngetehnya pake poci, bikin lebih nikmat tentunya. Tahu ini bisa di dapatkan di jalan-jalan yang ada di Kota dan Kabupaten dengan harga yang pasti terjangkau deh.

Selain itu, masih banyak lagi makanan dan jajanan khas tegal lainnya yang bisa kita coba, seperti: kupat glabed dan sate blengong, olos, kue pia/latopia, martabak, es sagwan, nasi lengko, dll.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved