Sumber foto: Google

Mencicipi Ayam Masak Lemak Khas Aceh: Resep Mudah dan Lezat

Tanggal: 1 Jul 2024 10:49 wib.
Ayam Masak Lemak adalah salah satu hidangan khas dari Aceh yang dikenal dengan kuahnya yang kental dan kaya akan rasa. Hidangan ini memadukan berbagai rempah-rempah dengan santan, menghasilkan rasa yang gurih dan sedikit pedas yang memanjakan lidah. Bagi Anda yang ingin mencoba resep ini di rumah, berikut adalah panduan lengkapnya.

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung, potong menjadi 8 bagian
500 ml santan kental
200 ml air
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 lembar daun kunyit, simpulkan
3 buah asam kandis
3 sdm minyak goreng
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya

Bumbu Halus:

10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 buah cabai merah besar, buang biji
6 buah cabai rawit merah
3 cm kunyit, bakar
3 cm jahe
3 cm lengkuas
2 sdt ketumbar, sangrai
1 sdt jintan, sangrai
1 sdt merica butir

Cara Memasak:

Persiapan Ayam: Cuci bersih potongan ayam kampung, lalu lumuri dengan sedikit garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Menyiapkan Bumbu: Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan blender atau ulekan hingga benar-benar halus.

Menumis Bumbu: Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus bersama dengan serai, daun jeruk, daun salam, dan daun kunyit hingga harum dan matang.

Memasak Ayam: Masukkan potongan ayam ke dalam wajan, aduk hingga ayam tercampur rata dengan bumbu. Tambahkan air, masak hingga ayam setengah matang dan bumbu meresap.

Menambahkan Santan: Setelah ayam setengah matang, tuangkan santan kental ke dalam wajan. Aduk perlahan agar santan tidak pecah. Masak dengan api kecil hingga ayam benar-benar matang dan kuah mengental. Jangan lupa untuk menambahkan asam kandis, garam, dan gula merah sesuai selera.

Penyajian: Sajikan Ayam Masak Lemak khas Aceh ini dengan nasi putih hangat dan pelengkap seperti sambal terasi dan lalapan.

Ayam Masak Lemak khas Aceh siap untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Rasanya yang gurih dan kaya akan rempah-rempah pasti akan membuat Anda ketagihan.

Tips Memasak Ayam Masak Lemak Khas Aceh:

Menggunakan Ayam Kampung: Ayam kampung lebih disarankan karena teksturnya yang lebih kenyal dan rasanya yang lebih gurih dibandingkan ayam broiler.

Menghaluskan Bumbu: Pastikan bumbu halus benar-benar dihaluskan untuk mendapatkan cita rasa yang meresap sempurna ke dalam ayam.

Penggunaan Santan: Gunakan santan kental untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih dan tekstur kuah yang lebih kental.

Memasak dengan Api Kecil: Masak ayam dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna dan santan tidak pecah.

Menambahkan Asam Kandis: Asam kandis memberikan rasa asam yang khas dan menyegarkan pada hidangan ini. Jika tidak ada, bisa diganti dengan asam jawa.

Dengan resep ini, Anda bisa menghadirkan cita rasa khas Aceh di rumah Anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved