Sumber foto: Google

Kreasi Bolu Pisang Cokelat untuk Camilan Spesial

Tanggal: 20 Jun 2024 11:05 wib.
Bolu pisang cokelat adalah camilan yang sempurna untuk menemani waktu santai Anda bersama keluarga atau teman. Perpaduan antara rasa manis pisang dan gurihnya cokelat menciptakan sensasi rasa yang luar biasa di setiap gigitannya. Membuat bolu pisang cokelat juga cukup mudah dan bisa menjadi aktivitas menyenangkan di akhir pekan. 

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

1. 3 buah pisang matang, haluskan
2. 200 gram tepung terigu serbaguna
3. 150 gram gula pasir
4. 100 ml minyak sayur
5. 2 butir telur
6. 50 ml susu cair
7. 50 gram cokelat bubuk
8. 1 sendok teh baking powder
9. 1 sendok teh soda kue
10. Sejumput garam
11. 100 gram cokelat batang, lelehkan untuk topping (opsional)
12. Kacang almond atau choco chips untuk taburan (opsional)

Langkah-Langkah Pembuatan:

1. Persiapan Bahan dan Alat:
   - Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan pisang yang digunakan sudah matang sempurna agar teksturnya lembut dan manis alami.
   - Panaskan oven pada suhu 180°C dan siapkan loyang yang telah diolesi margarin dan ditaburi sedikit tepung untuk mencegah bolu lengket.

2. Mencampur Bahan Kering:
   - Dalam satu mangkuk besar, campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, soda kue, dan sejumput garam. Aduk rata menggunakan spatula atau whisk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

3. Mengolah Bahan Basah:
   - Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna lebih cerah. Anda bisa menggunakan mixer dengan kecepatan sedang.
   - Tambahkan minyak sayur dan susu cair ke dalam campuran telur dan gula. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.
   - Masukkan pisang yang telah dihaluskan ke dalam campuran bahan basah. Aduk kembali hingga pisang tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

4. Menggabungkan Bahan Kering dan Basah:
   - Campurkan sedikit demi sedikit bahan kering ke dalam campuran bahan basah sambil diaduk perlahan dengan spatula. Pastikan tidak ada gumpalan tepung dan adonan tercampur rata.
   - Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan sebelumnya. Ratakan permukaan adonan dengan spatula.

5. Pemanggangan:
   - Masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan. Panggang selama 30-40 menit atau hingga bagian atas bolu berwarna cokelat keemasan dan ketika tusuk gigi dimasukkan ke tengah bolu, tidak ada adonan yang menempel.
   - Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin di atas rak pendingin.

6. Penyelesaian dan Penyajian:
   - Setelah bolu benar-benar dingin, Anda bisa menambahkan topping sesuai selera. Lelehkan cokelat batang dan siramkan di atas bolu, kemudian taburi dengan kacang almond atau choco chips untuk menambah tekstur dan rasa.
   - Potong bolu sesuai selera dan sajikan bersama teh atau kopi hangat.

Tips Tambahan:
- Untuk hasil terbaik, gunakan pisang yang sudah sangat matang dengan kulit yang sudah banyak bercak hitam. Pisang jenis ini lebih manis dan lebih lembut, sehingga akan memberikan rasa dan tekstur yang lebih baik pada bolu.
- Anda juga bisa menambahkan sedikit kayu manis bubuk untuk aroma yang lebih harum dan rasa yang lebih hangat.

Bolu pisang cokelat ini sangat cocok disajikan untuk berbagai acara, baik untuk menemani waktu santai di rumah maupun untuk hidangan penutup saat berkumpul bersama keluarga dan teman. Rasanya yang lezat dan cara pembuatannya yang mudah membuat bolu ini menjadi pilihan camilan yang istimewa. Selamat mencoba dan nikmati sensasi rasa yang luar biasa dari bolu pisang cokelat ini!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved