Ini Beberapa Mitos Mengenai Roti yang Dipercaya oleh Orang di Berbagai Belahan Dunia

Tanggal: 2 Nov 2017 10:51 wib.
Tampang.com - Roti menjadi salah satu makanan alternatif untuk mengisi perut. Selain mengenyangkan, roti juga dinilai praktis. Maka tak heran orang di seluruh dunia menyukai makanan ini. Namun, dibalik kepraktisan dan kelezatannya, terdapat beberapa mitos pada roti yang dipercaya oleh sebagian orang di belahan dunia.

Dikutip dari laman AllRecipe, Kamis (2/11/2017) berikut 5 mitos seputar roti yang sering dipercaya masyarakat. Deretan mitos ini belum tentu kebenarannya namun kadang sangat dipercaya oleh banyak orang.

Banyak roti yang dibedakan berdasarkan bahan baku pembuatannya. Salah satunya adalah dengan membedakan roti dengan gandum utuh dan dengan tepung gandum.

Setelah ditelisik, ternyata keduanya sama saja, jika dilihat dari nutrisinya. Bahkan, penelitian mengungkapkan bahwa roti dengan tepung gandum lebih baik dibandingkan dengan roti gandum utuh.

Pengaruh jenis air

Banyak koki roti menganggap penggunaan sumber air yang berbeda akan mempengaruhi hasil roti yang berbeda. Padahal menurut penelitian, penggunaan air sebagai campuran bahan baku roti sama sekali tidak memberikan pengaruh. Anda menggunakan air mineral, air hasil suling atau bahkan air kolam renang sama sekali tidak mempengaruhi hasil dan kualitas roti. Pun demikian dengan rasanya.

Pizza oven vs pizza kayu bakar

Kabar baik jika Anda tidak memiliki oven listrik, karena kenyataannya pizza yang dipanggang menggunakan kayu bakar terasa lebih lezat. Anda tidak membutuhkan oven listrik super canggih, cukup manfaatkan oven tradisional yang Anda miliki. Semakin tradisional maka rasa roti akan semakin nikmat. Percayalah!

Roti gluten free punya rasa yang lezat

Gluten adalah salah satu bahan yang penting diandalkan untuk membuat roti namun kenyataannya roti bebas gluten punya rasa yang tak kalah lezatnya lho. Berbagai umbi bisa dibuat menjadi bahan baku tepung yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan roti. Ternyata roti tanpa gluten ini punya rasa yang lebih lezat.

Roti gandum rye tidak melulu benar

Rye adalah gandum hitam yang dikenal di dunia sebagai gandum terbaik terutama di Jerman. Namun kenyataannya, komposisi roti gandum dengan rye terbukti sangat sedikit penggunaannya. Banyak toko roti yang berlaku curang bahkan sama sekali tidak menggunakan gandum rye namun memasang label menggunakan tepung gandum rye. Jadilah konsumen yang cerdas.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved