Ini 5 Rempah Termahal di Dunia, Tertinggi Hingga Rp 146 Juta!

Tanggal: 8 Nov 2017 07:15 wib.
Tampang.com - Ketika memasak, pastinya kita menggunakan bumbu dan rempah untuk membuat masakan menjadi lebih lezat dan menggugah selera. Karena peran inilah, ada beberapa rempah yang meskipun harganya sangat mahal masih tetap diburu.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut 5 rempah yang memiliki harga termahal di dunia.

Saffron



Sesuai dengan namanya, rempah ini berasal dari putik bunga saffron. Tanaman bunga ini banyak tumbuh di India namun jumlah produksinya sangat terbatas alhasil tidak semua permintaan pasar bisa terpenuhi. Bunga saffron merekah pada musim tertentu sehingga mempengaruhi jumlah produksinya. Saffron menyumbang aroma khas dan warna kuning oranye pada masakan. Di India dan beberapa negara Timur Tengah, saffron banyak digunakan untuk mengolah nasi hingga kari. Harga berkilo saffron adalah sekira Rp 146,50 juta.

Vanila



Aroma vanila banyak tercium di hidangan kue atau makanan penutup. Aroma khas yang lembut dari rempah ini menjadikannya primadona. Harga vanila berkualitas terbilang yang cukup tinggi dan hanya kaum berkantong tebal yang bisa mendapatkan vanila segar yang berkualitas premium. Saking sulitnya ditemui, vanila banyak diproduksi dalam bentuk olahan ekstrak buatan yang harganya jauh lebih terjangkau. Untuk bisa mendapatkan sekilo vanila ini Anda harus merogoh kocek Rp 5,8 juta.

Kapulaga



Biji cardamom atau kapulaga banyak digunakan dalam pengolahan masakan India. Rasa rempah ini unik karena memiliki ciri khas pedas seperti lada namun aromanya kuat dan unik. Kapulaga banyak tumbuh di India dan Guatemala jadi tak heran masakan dari dua negara ini banyak menggunakan kapulaga. Harga kapulaga di pasar internasional mencapai Rp 879 ribu per kilogram.

Cengkeh



Rempah yang satu ini banyak dilirik orang karena aroma dan rasanya yang khas. Harga cengkeh sangat tinggi karena tanaman ini tidak bisa tumbuh di banyak daerah. Bagian tanaman yang diambil dan dimanfaatkan adalah bagian bunganya yang kemudian dikeringkan sebelum digunakan. Cengkeh banyak tumbuh di Indonesia, Zanzibar, India, Madagaskar, Pakistan dan Srilanka. Rempah paling populer di Indonesia ini berkilonya dibanderol Rp 315 ribu.

Kayu manis



Aroma khas kayu manis sering dimanfaatkan masyarakat sebagai campuran masakan atau olahan kue. Kayu manis sering digunakan langsung sebagai campuran bumbu atau diolah menjadi bentuk bubuk. Kayu manis banyak tumbuh di Srilanka, India dan Indonesia. Harga kayu manis di pasar internasional adalah Rp 175 ribu per kilogramnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved