Sumber foto: Google

Ikan Pari Asap Kuah Pedas: Resep Tradisional yang Menggugah Selera

Tanggal: 1 Jul 2024 08:44 wib.
Ikan pari asap kuah pedas adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang memadukan rasa asap dari ikan pari dengan kuah pedas yang menggugah selera. Hidangan ini terkenal dengan cita rasa yang kuat dan aroma yang khas, menjadikannya favorit di berbagai daerah di Nusantara. Berikut adalah resep lengkap untuk membuat ikan pari asap kuah pedas yang lezat dan menggoda.

Bahan-bahan:

500 gram ikan pari asap, potong sesuai selera
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
3 buah asam kandis
500 ml air
200 ml santan kental
2 sendok makan minyak goreng
Garam dan gula secukupnya

Bumbu Halus:

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
10 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit (sesuai selera)
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sendok teh terasi bakar

Cara Membuat:

Persiapan Bumbu Halus: Haluskan semua bumbu halus menggunakan blender atau ulekan hingga benar-benar halus.

Tumis Bumbu: Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum dan matang.

Tambahkan Ikan Pari Asap: Masukkan potongan ikan pari asap ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga ikan tercampur rata dengan bumbu.

Masak Kuah: Tambahkan air dan asam kandis. Masak hingga mendidih, kemudian kecilkan api. Biarkan kuah meresap ke dalam ikan pari selama kurang lebih 15-20 menit.

Tambahkan Santan: Masukkan santan kental sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Masak dengan api kecil hingga kuah sedikit mengental dan bumbu meresap sempurna ke dalam ikan pari.

Bumbui: Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan cicipi rasa kuahnya. Jika sudah pas, angkat dan sajikan.

Sajikan: Ikan pari asap kuah pedas siap disajikan. Hidangan ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan tambahan lalapan segar.

Tips Tambahan:

Pilihan Ikan Pari: Pastikan ikan pari yang digunakan adalah ikan pari asap yang segar dan berkualitas baik. Ikan pari asap bisa ditemukan di pasar tradisional atau supermarket yang menjual produk laut.
Pengaturan Kepedasan: Untuk mengatur tingkat kepedasan, Anda bisa menambah atau mengurangi jumlah cabai rawit sesuai dengan selera.
Menghindari Pecah Santan: Saat menambahkan santan, pastikan untuk terus mengaduknya dan menggunakan api kecil agar santan tidak pecah dan kuah tetap kental.

Keunikan Ikan Pari Asap Kuah Pedas:

Hidangan ini memiliki keunikan tersendiri karena perpaduan rasa asap dari ikan pari yang dipadukan dengan kuah pedas yang kaya rempah. Rasa gurih dari ikan pari dan kelezatan kuah yang pedas membuat hidangan ini sangat menggugah selera dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved