Cara Membuat Rice Roll ala Resto, Kuliner Fusi Jepang dengan Rasa Indonesia

Tanggal: 26 Jun 2018 09:57 wib.
Perkembangan dunia kuliner yang pesat telah melahirkan begitu banyak tren yang akrab di telinga dan lidah penikmat rasa. Salah satunya, tren kuliner fusi yang juga dikenal di dunia sebagai hybrid culinary. Kuliner fusi lahir dari penggabungan berbagai elemen dan tradisi kuliner yang berbeda. Tipe kuliner ini tidak dikategorikan sebagai salah satu gaya masak tertentu melainkan merupakan inovasi yang telah dipopulerkan banyak restoran kuliner kontemporer di seluruh dunia sejak 1970-an.

Diantara beberapa kuliner fusi yang ngetop di tanah air, salah satunya adalah rice roll. Rice roll adalah sushi yang dibuat dengan menggunakan nasi goreng bersama lettuce dan digoreng menggunakan tepung tempura. Sushi itu sendiri adalah kuliner Jepang yang terdiri atas nasi yang dibentuk bersama. Biasanya lauk tersebut berupa makanan laut, daging, sayuran mentah, atau varian lauk lain yang sudah dimasak.

Berikut ini cara membuat rice roll ala resto.

Bahan-bahan:


Lettuce 5 gr
Timun jepang 5 gr
Nori 2 lembar
Nasi Putih 70 gr
Tepung tempura + air 10 gr
Bawang merah slice 5 gr
Bawang putih 5 gr
Telur 1 butir
Daun bawang slice 5 gr
Kecap manis 1 sdm
Garam & lada secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Ayam suwir 5 gr


Cara membuat:


Letakkan 1 lembar nori di atas bambu penggulung, kemudian siapkan minyak panas.
Masukkan bawang merah dan bawang putih bersamaan, tumis sampai wangi. Masukkan telur, aduk sampai matang. Masukkan ayam suwir, aduk rata sampai wangi. Masukkan nasi putih, masak sampai wangi. Masukkan kecap dan daun bawang, tambahkan bumbu secukupnya. Setelah matang, susun nasi goreng di atas lembaran nori (memenuhi ¾ nori), kemudian sisihkan.
Lembar nori kedua, isi dengan lettuce yang telah disiapkan beserta timun jepang. Lalu gulung kedua sayuran tersebut, bersama lembaran nori.
Letakkan gulungan nori yang kedua di atas lembaran nori yang pertama. Kemudian gulung bersamaan.
Pada gulungan tersebut, taburkan tepung tempura sampai merata. Masukkan ke dalam minyak panas, lalu goreng sampai kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
Potong sesuai dengan selera menjadi 6 hingga 8 bagian. Sajikan.

Copyright © Tampang.com
All rights reserved