Sumber foto: google

Bisakah Buat Mie Sendiri yang Hasilnya Kenyal? Bisa! Ini Dia Caranya

Tanggal: 26 Okt 2024 05:20 wib.
Makanan kesukaan banyak orang dari segala usia adalah mie. Mie berhasil memikat banyak orang untuk mengonsumsinya. Mie juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Namun, kebanyakan orang kemudian memilih untuk membeli mie di pasar ketika ingin mengolah mie di rumah. Percaya atau tidak, membuat mie sendiri di rumah tanpa bahan kimia tidaklah sulit. Namun, jika bahan dan teknik yang digunakan keliru, mie dapat menjadi keras dan mudah putus saat dimasak.

Melansir dari kompas.com, berikut panduan membuat mie kenyal dan tidak mudah putus, berdasarkan buku "Membuat Mi dan Olahannya" karya Redaksi Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Berikut ini adalah 6 cara membuat mie kenyal dan lezat tanpa bahan kimia.

1. Gunakan Tepung Terigu Protein Tinggi
Untuk membuat mie kenyal tanpa pengawet, Anda bisa menggunakan trik sederhana dengan menggunakan tepung terigu protein tinggi. Tepung ini dapat membuat hasil mie lebih kenyal dan lembut karena kandungan gluten yang tinggi. Beberapa orang yang sensitif terhadap gluten juga menggunakan tepung beras untuk membuat mie. 

2. Tambahkan Tepung Sagu atau Tepung Kanji
Tepung terigu dapat dicampur dengan bahan lainnya agar mie menjadi kenyal, seperti tepung sagu atau tepung kanji. Kedua jenis tepung ini dapat menjadi pengganti air ki yang sering digunakan untuk mengenyalkan mie. Selain lebih aman, penggunaan tepung ini dapat membuat mie tidak mudah rusak dan juga tidak akan memberikan aroma yang tidak diinginkan.

3. Perhatikan Penggunaan Air
Penggunaan air dalam pembuatan mie sangat penting. Untuk mie yang dibuat menggunakan telur, kadang-kadang tidak memerlukan air tambahan. Namun, jika diperlukan, penggunaannya harus sesuai takaran yang tepat sesuai dengan resep. 

4. Gulung Adonan dengan Rolling Pin
Untuk menggilas adonan mie, penggiling khusus biasanya digunakan. Apabila tidak ada penggiling tersebut, Anda bisa menggunakan rolling pin. Cara sederhana ini dapat membuat mie lebih lentur, kenyal, dan tidak mudah putus saat dimasak.

5. Taburi Adonan dengan Tepung
Sebelum memotong atau menggiling adonan, pasta mie harus ditaburi dengan tepung. Sebaiknya jangan menggunakan tepung terigu karena bisa membuat adonan menjadi lembek. Tepung kanji atau tepung sagu adalah pilihan tepung yang lebih baik untuk taburan ini. Tepung juga harus ditaburkan pada mesin penggiling, rolling pin, dan alas gilingan.

6. Proses Merebus Mie
Setelah mie jadi, Anda bisa menyimpannya atau merebusnya terlebih dahulu. Saat merebus mie, pastikan untuk membuang busa air rebusan dan tambahkan air panas agar mie tidak lengket dan dapat terpisah dengan baik saat dimakan.

Dengan mengikuti keenam cara di atas, Anda dapat membuat mie kenyal sendiri tanpa bahan kimia yang gampang putus. Selamat mencoba!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved