Sumber foto: Google

Bikin Sendiri Pempek Palembang dengan Tepung Kanji

Tanggal: 24 Jun 2024 11:15 wib.
Pempek Palembang, makanan khas Sumatera Selatan, terkenal dengan kelezatannya yang menggugah selera. Camilan ini terbuat dari campuran ikan dan tepung kanji yang kemudian dihidangkan dengan cuko, saus khas yang asam, manis, dan pedas. Banyak orang mengira membuat pempek itu sulit, padahal dengan resep yang tepat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. 

 Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat pempek yang enak dan kenyal, Anda memerlukan bahan-bahan berikut ini:

- 300 gram ikan tenggiri atau ikan gabus, haluskan
- 200 gram tepung kanji
- 100 ml air es
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 butir telur (untuk adonan)
- 3 siung bawang putih, haluskan

Untuk membuat cuko:

- 250 gram gula merah, sisir halus
- 5 siung bawang putih, haluskan
- 5 buah cabai rawit (sesuai selera)
- 2 sendok makan asam jawa
- 1 liter air
- 1 sendok teh garam

 Langkah-langkah Membuat Pempek Palembang

1. Siapkan Adonan Pempek:
   - Dalam mangkuk besar, campurkan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan air es, garam, dan gula pasir. Aduk rata hingga menjadi pasta yang halus.
   - Tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan dan telur ke dalam adonan ikan. Aduk hingga rata.

2. Tambahkan Tepung Kanji:
   - Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit ke dalam adonan ikan sambil diaduk perlahan. Aduk hingga adonan tercampur rata dan bisa dipulung. Adonan pempek harus cukup kental dan elastis.

3. Bentuk Pempek:
   - Ambil sedikit adonan, bentuk menjadi bulat atau oval sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, bentuk adonan menjadi bulat, kemudian buat lubang di tengahnya dan masukkan satu butir telur mentah, lalu tutup kembali.

4. Rebus Pempek:
   - Didihkan air dalam panci besar. Masukkan adonan pempek yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Rebus hingga pempek mengapung, tandanya pempek sudah matang. Angkat dan tiriskan.

5. Goreng Pempek:
   - Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup di atas api sedang. Goreng pempek hingga berwarna keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan.

 Membuat Cuko Pempek

1. Rebus Bahan Cuko:
   - Campurkan gula merah, bawang putih yang sudah dihaluskan, cabai rawit, dan asam jawa ke dalam panci. Tambahkan air dan garam, kemudian masak di atas api sedang.
   - Rebus cuko hingga mendidih dan gula merah larut sepenuhnya. Angkat dan saring untuk memisahkan ampasnya. Cuko siap disajikan bersama pempek.

 Tips dan Trik Membuat Pempek yang Sempurna

1. Gunakan Ikan Segar:
   - Pilih ikan yang segar untuk menghasilkan pempek yang enak dan tidak amis. Anda bisa menggunakan ikan tenggiri, ikan gabus, atau ikan lainnya yang memiliki daging yang padat dan mudah diolah.

2. Gunakan Air Es:
   - Menambahkan air es ke dalam adonan ikan membantu membuat tekstur pempek lebih kenyal dan halus. Air es juga membantu menjaga suhu adonan agar tidak terlalu panas saat diolah.

3. Jangan Terlalu Lama Mengaduk:
   - Aduk adonan pempek secukupnya saja untuk menghindari adonan menjadi keras. Terlalu lama mengaduk dapat membuat tekstur pempek menjadi kaku dan kurang kenyal.

4. Rebus Hingga Mengapung:
   - Pastikan pempek direbus hingga mengapung ke permukaan air. Ini menandakan bahwa pempek sudah matang dengan sempurna.

5. Saring Cuko:
   - Menyaring cuko membantu menghilangkan ampas dan membuat saus lebih halus dan lezat saat dinikmati bersama pempek.

 Kelezatan Pempek yang Tak Terbantahkan

Pempek adalah salah satu makanan yang memiliki perpaduan rasa yang sangat kaya. Teksturnya yang kenyal dan gurih, dipadukan dengan cuko yang asam, manis, dan pedas, memberikan pengalaman rasa yang tak terlupakan. Membuat pempek di rumah tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga memberi Anda kepuasan tersendiri saat bisa menyajikan makanan yang lezat dan disukai banyak orang.

Membuat pempek Palembang di rumah bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved