Sumber foto: google

Alternatif Sumber Pangan Ketika Harga Beras Melonjak Tinggi

Tanggal: 6 Jun 2024 12:31 wib.
Harga beras saat ini tengah mengalami lonjakan yang signifikan. Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat yang khawatir tentang kesulitan mencari makanan.

Orang Indonesia memang dikenal sebagai pecinta nasi, namun dengan terus melonjaknya harga beras, penting untuk mempertimbangkan sumber pangan lain yang lebih terjangkau namun tetap memenuhi kebutuhan gizi.

Menurut Ahli Gizi dari Universitas Airlangga (UNAIR), Lailatul Muniroh, terdapat beberapa alternatif sumber pangan lokal yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Beberapa di antaranya adalah singkong, ubi jalar, jagung, talas, kentang, beras merah, dan beras ketan.

Meskipun nasi telah lama menjadi makanan pokok di Indonesia, Lailatul menyebut bahwa karbohidrat alternatif tersebut merupakan karbohidrat kompleks yang memiliki efek jangka panjang dalam memberikan energi bagi tubuh.

Selain itu, bahan-bahan alternatif tersebut juga kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Lailatul menjelaskan bahwa beras merah mengandung zat besi yang membantu mencegah anemia, ubi jalar dan talas mengandung beta-karoten yang penting untuk kesehatan mata, serta kentang yang kaya akan kalium yang membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan elektrolit.

Namun, pertanyaan yang muncul kemudian, apakah kombinasi karbohidrat alternatif tersebut dapat benar-benar menggantikan nasi? Lailatul menjelaskan bahwa karbohidrat terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana menyediakan energi instan namun dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat, sedangkan karbohidrat kompleks memberikan energi secara bertahap dan menghasilkan peningkatan kadar gula darah yang lebih lambat dan stabil.

Seiring dengan itu, Lailatul juga menganjurkan untuk mencampur beberapa sumber karbohidrat yang berbeda untuk memastikan asupan karbohidrat yang seimbang dan bervariasi. Dalam hal ini, mencampur nasi merah dengan kacang-kacangan dapat memberikan kombinasi karbohidrat kompleks dan protein yang berguna, kentang dipadukan dengan sayuran hijau menyediakan karbohidrat, serat, dan zat gizi lainnya.

Beralih ke oatmeal dan buah-buahan, yang merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin, serta roti yang dikombinasikan dengan alpukat untuk mendapatkan karbohidrat kompleks dan lemak sehat, juga merupakan pilihan cerdas.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved