7 Hal yang Harus Diperhatikan, Jika Ingin Kue Buatan Kamu Mengembang Sempurna

Tanggal: 17 Sep 2017 17:39 wib.
Tampang.com - Ketika membuat kue, ternyata pengetahuan dan teknik yang digunakan merupakan hal yang penting. Hal ini guna menghasilkan kue yang mengembang dengan baik dan tidak bantat.

 

Pastinya, jika hasil kue yang dibuat bantat menghasilkan perasaan kecewa. Bagaimana tidak, kita sudah berusaha dengan keras untuk membuatnya.

 

Memang masih dapat dimakan, namun jika dilihat dari segi tampilan, pastinya takkan menarik lagi. Dan rasa pun biasanya berbeda dengan yang mengembang.

Untuk menghindari kegagalan mengembang pada kue, pastikan beberapa hal ini terlebih dahulu ketika hendak membuat kue.

1. Pastikan Semua Bahan Bersuhu Ruang

Jika ingin membuat bolu, pastikan telur yang digunakan bersuhu ruang. Telur mampu menjadi pengembang yang baik jika ia bersuhu ruang saat dikocok. Jika terlalu dingin, maka telur akan sulit mengembang.

Hal ini juga berlaku pada margarin. Sebaiknya, jangan menuang margarin yang baru dilelehkan langsung ke adonan saat panas. Tunggu saat suhu sudah agak mendingin.

2. Proses Melelehkan Mentega

Lelehkan margarin dengan api kecil dan tak perlu menunggu sampai margarin meleleh semuanya. Jika sudah hampir cair dan masih ada sebagian mentega yang belum cair, segera matikan api.

Lalu pindahkan ke wadah agak lebar, namun bukan piring, karena piring bisa membuat suhu mentega dingin dan mengakibatkan bolu bantat.

3. Wadah untuk Membuat Kue

Sebelum membuat kue, pastikan semua wadah dan alat yang digunakan benar-benar kering, jangan ada air, minyak atau mentega. Alat yang basah akan membuat adonan jadi bantat. Sebaiknya, alat atau wadah juga memiliki suhu ruangan.

4. Cara Mencampur Bahan

Saat menuang bahan juga tak bisa sembarangan. Tuanglah bahan perlahan. Jika menggunakan tepung sebaiknya ayak terlebih dahulu. Setelah menuang, gunakan spatula untuk mengaduk perlahan.

Untuk meminimalisir adukan, gabungkan bahan kering terlebih dahulu, baru tuang ke bahan basah. Hal yang sama juga Anda lakukan pada bahan basah.

5. Durasi Mengocok Adonan

Cara membuat kue bolu agar tidak bantat adalah dengan tidak dikocok terlalu lama. Saat mengocok telur dan gula, gunakan kecepatan rendah dengan mixer. Lalu naikkan kecepatan perlahan agar mengembang.

Lama mengocok juga harus disesuaikan. Jika mengocok terlalu cepat, maka adonan akan tidak stabil dan cepat turun saat dipanggang. Jika terlalu lama, maka adonan akan terlalu banyak udara yang menyebabkan bantat.

6. Atur Temperatur Oven

Sebelum memasukkan adonan ke oven, maka panaskan oven terlebih dahulu. Ini bertujuan agar adonan langsung mengembang sesaat di masukkan. Namun, jangan terlalu panas karena adonan bisa cepat gosong. Selain itu, jangan buka tutup oven karena nanti kuenya akan turun.

7. Tambahkan Bahan Pengembang

Umumnya, di setiap resep kue terdapat rising agent yang mampu membuat kue mengembang dan empuk. Bahan pengembang tersebut antara lain baking powder, soda kue dan cake emulsifier.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved