Sumber foto: Google

7 Aneka Resep Sayur Lodeh Rumahan yang Enak dan Mudah Dibuat

Tanggal: 13 Jun 2024 04:41 wib.
Sayur lodeh merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan bahan-bahannya yang mudah didapatkan. Selain itu, sayur lodeh juga sangat cocok untuk dinikmati bersama nasi hangat. Untuk itu, kali ini kita akan membahas 7 aneka resep sayur lodeh rumahan yang enak dan mudah dibuat. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai macam resep sayur lodeh yang bisa Anda coba di rumah.

1. Sayur Lodeh Telur Puyuh

Sayur lodeh telur puyuh merupakan variasi dari sayur lodeh tradisional yang menggunakan telur puyuh sebagai salah satu bahan utamanya. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan menumis bumbu halus, kemudian memasukkan sayuran seperti kacang panjang, tahu, tempe, dan telur puyuh. Tambahkan santan dan biarkan hingga bumbu meresap. Sayur lodeh telur puyuh siap disajikan.

2. Sayur Lodeh Labu Siam

Sayur lodeh dengan labu siam memiliki cita rasa yang segar dan gurih. Untuk membuatnya, potong labu siam dan tambahkan sayuran lain seperti daun salam, daun melinjo, dan daun kemangi. Tambahkan juga santan agar sayur lodeh memiliki cita rasa khas. Sayur lodeh labu siam siap dinikmati selagi hangat.

3. Sayur Lodeh Kacang Panjang dan Teri

Kacang panjang dan teri dapat menjadi tambahan yang nikmat untuk sayur lodeh. Sajian ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai rasa gurih teri dan renyah kacang panjang. Tumis bumbu halus, tambahkan teri dan kacang panjang, lalu tuangkan santan. Biarkan mendidih hingga bumbu meresap sempurna.

4. Sayur Lodeh Rebung

Rebung merupakan bahan yang sering digunakan dalam masakan tradisional Indonesia. Untuk membuat sayur lodeh rebung, rebus rebung terlebih dahulu agar teksturnya empuk, kemudian masak dengan bumbu halus dan santan. Tambahkan potongan tahu dan tempe untuk variasi rasa.

5. Sayur Lodeh Kentang

Sayur lodeh kentang menjadi pilihan yang praktis dan menyenangkan. Kentang yang dipotong dadu akan menambah kelezatan sayur lodeh. Tambahkan irisan wortel dan daun bawang untuk penyegar rasa.

6. Sayur Lodeh Jantung Pisang

Jantung pisang yang dipotong kecil-kecil akan memberikan tekstur yang unik pada sayur lodeh. Tambahkan pula potongan tahu dan tempe untuk menciptakan variasi tekstur dan rasa. Jangan lupa untuk menambahkan daun salam dan serai agar aroma khas sayur lodeh semakin terasa.

7. Sayur Lodeh Daun Singkong

Daun singkong yang segar dan enak dapat dijadikan bahan untuk sayur lodeh yang lezat. Sajikan sayur lodeh daun singkong bersama dengan potongan tahu sebagai tambahan protein. Nikmati sayur lodeh bersama dengan nasi hangat.

Mengolah sayur lodeh sebenarnya tidak terlalu sulit. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa membuat variasi sayur lodeh yang nikmat dan lezat di rumah. 

Aneka resep sayur lodeh rumahan yang enak dan mudah dibuat di atas, Anda bisa mencoba variasi sayur lodeh sesuai dengan selera dan ketersediaan bahan di sekitar Anda. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved