Sumber foto: Goggle

5 Resep Daging Sapi Kecap Bumbu Meresap yang Enak dan Praktis

Tanggal: 24 Jun 2024 12:18 wib.
Daging sapi adalah salah satu bahan pangan yang sering diolah menjadi berbagai masakan. Jika Anda bingung ingin mengolahnya menjadi apa, berikut ini adalah berbagai resep daging sapi kecap dengan bumbu yang meresap yang dapat dicoba di rumah.

Konsumsi daging sapi dalam jumlah sedang dapat meningkatkan pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Daging sapi juga kaya akan zat besi dan seng. Namun, berlebihan dalam mengonsumsi daging sapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Selain diolah menjadi daging panggang, iga, atau steak, daging sapi juga bisa digiling atau dicincang. Jika Anda penasaran dengan masakan apa yang bisa diolah dari daging sapi, berikut adalah beberapa resep olahan daging sapi dengan kecap yang praktis:

1. Resep Daging Kecap Daun Jeruk

Resep ini diambil dari buku "Aneka Olahan Daging Sapi" karya Laras Kinanthi. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain 400 gram daging semur, bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, serai, daun jeruk, kecap manis, asam jawa, santan, garam, merica bubuk, gula merah, dan minyak untuk menumis.

Caranya, iris daging tipis melebar, tumis bumbu yang dicincang hingga harum, masukkan daging, tambahkan kecap manis dan asam jawa, lalu tambahkan santan, garam, merica bubuk, dan gula merah, masak hingga meresap.

2. Resep Daging Kecap Merica Hitam

Resep ini membutuhkan 500 gram daging has, margarin, bawang putih, jahe, air, garam, merica hitam, kecap manis, bubuk cabai, gula pasir, dan daun bawang. Caranya, potong daging has, tumis bawang putih dan jahe, masukkan daging, tambahkan air, garam, merica hitam, kecap manis, bubuk cabai, dan gula pasir. Masak hingga matang dan kental, tambahkan daun bawang.

3. Resep Semur Daging

Untuk membuat semur daging, Anda memerlukan 500 gram daging sapi, margarin, air, bawang merah, pala bubuk, merica, garam, dan kecap manis. Caranya, cuci daging hingga bersih, iris melebar, tumis bahan bumbu hingga harum, masukkan daging, tambahkan kecap manis dan air, masak hingga empuk, lalu taburi bawang goreng.

4. Resep Daging Sapi Bumbu Kecap Jahe ala Jepang

Resep ini memerlukan 250 gram daging sapi irisan, jahe muda, shoyu/kecap Jepang, kecap manis, air jeruk lemon, gula pasir, dan garam. Cara membuatnya, potong-potong daging, tambahkan bumbu perendam, diamkan selama minimal 30 menit, lalu masak hingga matang dan kuahnya menyusut.

5. Resep Brokoli Masak Daging

Untuk memasak brokoli masak daging, Anda memerlukan brokoli, jahe, garam, minyak goreng, daging sapi, bawang putih, kecap manis, gula pasir, saus tiram, kecap asin, tepung jagung, dan margarin. Cara membuatnya, rebus brokoli hingga setengah matang, tiriskan. Tumis daging yang telah dibumbui hingga matang, lalu sajikan dengan brokoli.

Demikianlah beberapa resep daging sapi kecap dengan bumbu yang meresap dan enak. Selamat mencoba! Jika Anda tertarik dengan masakan lainnya, Anda juga bisa mencoba 7 resep bumbu sate kambing berbagai rasa yang gurih dan enak, seperti yang telah dibagikan sebelumnya. Selamat mengolah masakan di rumah!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved