Waspadai Air Kencing Berbuih Bisa Jadi Gejala Kelainan Ginjal

Tanggal: 19 Mar 2018 11:21 wib.
Tampang.com - Air kencing (urine) bisa jadi pertanda dari adanya penyakit yang bersarang pada tubuh. Urine yang berbuih juga perlu diwaspadai karena kondisi tersebut bisa jadi pertanda adanya kelainan pada ginjal.

Cahyani Gita Ambasari selaku dokter spesialis anak konsultan dari Divisi Nefrologi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta menjelaskan jika air kencing yang berbuih dan berbusa merupakan gejala sindrom nefrotik (SN).

"Di dalam air kencingnya terkandung protein. Padahal, air kencing itu tidak boleh ada proteinnya. Artinya, protein yang diperlukan tubuh terbuang lewat air kencing," Ujar Cahyani.



SN merupakan gangguan ginjal yang menyebabkan tubuh manusia dapat kehilangan terlalu banyak protein yang dibuang melalui urine. Pada umumnya, sindrom nefrotik ini terdeteksi pertamakali pada anak-anak yang berusia 2 tahun.

Sindrom nefrotik ini bukan disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi melainkan akibat jenis kelainan bawaan.

Kelainan bawaan ini sudah sejak lahir namun terdeteksinya bukan saat baru lahir melainkan saat anak sudah agak besar misal usia 2 tahun baru terdeteksi.

Protein yang terbuang melalui air kencing dapat menyebabkan kadar protein yang akan diserap tubuh menjadi berkurang. Untuk memulihkan asupan protein tubuh maka anak perlu diberi asupan buah dan sayur.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved