Trik Agar Program Diet di Bulan Puasa Berhasil

Tanggal: 1 Jun 2018 19:04 wib.
Selain berguna untuk memenuhi kewajiban ibadah, berpuasa juga dapat menjadi kesempatan untuk menurunkan berat badan. Memang masuk akal, karena jika di hari-hari biasa, tidak jarang orang tergoda dan terpaksa kehilangan kendali untuk makan apa saja akibatnya berat badan makin naik. Nah, karena di bulan puasa memang Anda diwajibkan untuk tidak makan apapun dari pagi hingga sore hari maka secara otomatis seharusnya ini bisa jadi sebagai kesempatan untuk menurunkan berat badan Anda.

Namun, terkadang sebagian orang yang telah mencoba dan berharap berat badannya turun saat bulan puasa justru bukan itu yang terjadi, sebaliknya berat badan makin naik. Hal ini diakibatkan oleh cara dan pandangan yang salah. Sebab menurunkan berat badan tidak hanya dipengaruhi oleh makanan, tetapi mental dan kesehatan emosional juga mempengaruhi. Agar program dietmu sukses saat bulan puasa, berikut tipsnya untuk Anda.

Mengatur jadwal makan

Meskipun di bulan puasa Ramadhan, Anda tetap harus mengatur jadwal makan seperti biasanya. Jika biasanya Anda makan tiga kali sehari makan pada bulan puasa juga Anda bisa makan tiga kali sehari, hanya saja waktu pelaksanaannya berbeda. Perlu diperhatikan juga makanlah secukupnya saat buka maupun saat sahur.

Konsumsi karbohidrat kompleks

Menurunkan berat badan bukan berarti hindari karbohidrat. Justru saat bulan puasa, kebutuhan Anda akan karbohidrat harus tercukupi, hal ini berguna agar sistem pencernaan Anda tetap terjaga. Misalnya oatmeal, beras merah, kentang, pisang, jagung, ubi jalar, roti gandum, buah-buahan, kacang, sayur-sayuran dan lainnya.

Kurangi konsumsi makanan manis

Jika berbicara bulan ramadhan, maka identik dengan makanan yang rata-rata manis terutama ketika buka puasa. Dan bukan rahasia lagi bahwa makanan dengan rasa manis salah satu makanan yang menyebabkan orang cepat mengalami kegemukan. Mengonsumi makanan manis memang tidak salah apalagi di momen lebaran, hanya saja jangan sampai berlebihan. Pilihlah makanan manis yang sehat misalnya buah kurma, madu, buah-buahan,  atau pun jus yang menggunakan pemanis alami.

Hindari gorengan

Sudah tidak diragukan gorengan adalah jajanan pinggir jalan Indonesia yang paling digemari. Selain rasanya yang gurih dan enak, juga harganya murah dan mudah ditemui dimana saja. Namun, jika ingin program diet Anda berhasil di bulan puasa ini, Anda harus menahan diri untuk tidak makan gorengan karena tidak baik untuk tubuh. Makanlah makanan yang bergizi dan tidak berlemak tinggi.

Lakukan olahraga kecil tapi rutin

Selama bulan puasa, Anda tetap boleh melakukan olahraga, hanya saja disarankan melakukan olahraga yang ringan saja. Hal ini berguna untuk membakar lemak sedikit demi sedikit. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, dan semacamnya.

Wajib makan sahur

Menurunkan berat badan bukan berarti berusaha semaksimal mungkin untuk tidak makan. Saat bulan puasa, Anda diwajibkan tetap sahur. Hal ini bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Selama bulan puasa, pastikan kebutuhan gizi Anda tetap terpenuhi karena tubuh membutuhkan nutrisi agar bertahan dari pagi hingga sore hari saat buka puasa.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved