Tips-Tips Turunin Berat Badan untuk Remaja Usia 12-18 Tahun

Tanggal: 13 Apr 2017 13:13 wib.
      

Tampang.com - Kelebihan berat badan atau obesitas dapat dialami oleh siapa saja termasuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kita pasti pernah melihat anak SD, SMP maupun SMA yang mengalami kegemukan, sebagian orang berpendapat bahwa anak kecil yang gemuk itu lucu. Namun tahukah bahwa kegemukan atau obesitas juga berbahaya bagi kesehatan? Obesitas dapat membawa dampak buruk seperti mudah terserang penyakit dan anak akan sulit untuk bergerak sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu bagaimana cara mengurangi berat badan untuk anak di masa pertumbuhan usia 12-18 tahun?

Terapkan Pola Hidup Sehat

Dukungan dari orang tua, saudara dan seluruh keluarga akan memberikan energi positif pada anak sehingga anak termotivasi untuk menjalankan pola hidup sehat.

Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Perhatikan porsi sayuran dan buah-buahan yang dimakan oleh anak obesitas. Cara mudah agar anak mau makan sayur dan buah adalah dengan membuat kedua makanan tersebut lebih terlihat oleh anak sehingga anak mau memakan sayur dan buah tersebut.

Makanlah di Meja Makan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang makan bersama dengan keluarga kemungkinan untuk mengalami obesitas lebih kecil dibanding anak yang makan sendiri sambil menonton TV atau melakukan kegiatan lainnya.

Batasi Mengkonsumsi Jus Buah 100%

Jus buah memang memiliki banyak vitamin, mineral dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Tapi jus buah 100% juga memiliki banyak kandungan gula dan kalori sebanyak soda sehingga tidak baik untuk dikonsumsi terlalu sering terlebih untuk anak obesitas.

Hindari Minuman Bersoda

Lebih baik untuk perbanyak minum air putih dari pada soda karena soda mengandung banyak pemanis buatan yang tidak baik untuk tubuh. Meminum soda dapat membuat berat badan meningkat.

Jangan Lupakan Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Pilihlah makanan sehat yang disukai anak dan jangan terpaku pada satu menu saja. Selai kacang pada roti panggang dapat menjadi alternatif menu sarapan anak.

Rutin Melakukan Aktivitas Fisik Sehari-hari

Jangan biarkan anak malas dan lebih suka untuk berdiam diri di depan TV atau main game sepanjang hari. Arahkan anak untuk rutin aktif secara fisik setidaknya satu jam sehari.

Siapkan Makanan di Rumah

Menyiapkan makanan di rumah dapat membantu mengatur porsi yang pas untuk anak. Anak juga tidak akan jajan sembarangan di luar rumah karena makanan yang di beli di luar rumah belum tentu sehat dan bergizi.

Semoga Bermanfaat :)
Copyright © Tampang.com
All rights reserved